Daya tahan tubuh dapat menjadi lebih kuat dengan mengonsumsi suplemen vitamin.

Suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh ada beberapa macam, seperti Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, dan Vitamin D. Anda bisa mendapatkannya melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari maupun multivitamin. Cukup mudah memenuhi kebutuhan nutrisi mikro berupa vitamin tersebut.

Vitamin penting bagi tubuh sebab memiliki fungsi pertahanan terhadap risiko paparan penyakit. Terutama saat pergantian musim dimana cuaca kurang mendukung. Jika kebutuhan nutrisi dari vitamin cukup daya tahan tubuh prima, produktivitas akan meningkat.

Selain mengenali jenis suplemen untuk daya tahan tubuh. Anda juga perlu mengetahui Cara Meningkatkan Penyerapan Nutrisi melalui Suplemen Ini.

5 Jenis Suplemen Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Virus dan bakteri bisa masuk dengan mudah apabila imunitas menurun. Untuk mencegah resiko sakit karena dua faktor tersebut Anda bisa mengkonsumsi 4 jenis suplemen vitamin berikut ini.

1. Vitamin A

Suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh yang pertama adalah vitamin A. Bekerja sebagai lini depan sel-sel tubuh dalam melawan penyebab penyakit, sebab kandungan antioksidan di dalamnya membantu pembentukan jaringan epitelium.

Vitamin A aktif dapat langsung digunakan oleh tubuh. Bisa didapat dari makanan hewani seperti ikan, daging merah, telur dan produk olahan susu. Ada juga vitamin A jenis provitamin yang didapat dari beberapa sayuran.

Provitamin A didapat dari sayuran atau buah yang mengandung beta-karoten, alfa-karoten serta alpha-cryptoxanthin. Contohnya ubi jalar, wortel, selada merah, daun kale, bayam, melon, mangga, tomat.

2. Vitamin B6

Selanjutnya berupa vitamin B6. Vitamin ini mendukung kelancaran proses reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh, memproduksi hormone serotonin, melatonin serta meregenerasi sel darah merah.

Vitamin B6 sangat murah dan mudah didapat. Dari jenis sayuran Anda bisa mendapatkan manfaat dari buncis dan serta sayuran berwarna hijau. Dari jenis buah-buahan Anda bisa mendapatkannya dari alpukat.

Suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh dari pyridoxine atau B6 juga bisa Anda dapat dari daging ayam, ikan serta susu. Jenis vitamin ini baik untuk kesehatan sistem syaraf anak-anak serta menjaga kestabilan mental orang dewasa.

3. Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat sudah sangat populer sebagai agen penjaga imunitas. Kekurangan vitamin ini dapat berakibat menurunnya daya tahan tubuh terhadap penyakit. Tubuh sangat rentan kekurangan vitamin ini sebab sifatnya mudah larut dalam air.

Namun tidak perlu khawatir sebab ada banyak makanan mengandung vitamin C yang murah meriah. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai macam buah-buahan seperti jeruk, kiwi, anggur, apel, stroberi, dan sebagainya.

Berbagai macam sayuran seperti paprika, bayam, brokoli, kangkung juga mengandung vitamin C sebagai suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh. Anda tidak perlu membeli suplemen dengan harga mahal jika tidak diresepkan dokter.

4. Vitamin E

Vitamin E lebih dikenal sebagai nutrisi bagi kulit serta menjaga kesuburan. Namun tidak hanya itu sebab pada dasarnya vitamin E mengandung antioksidan dosis tinggi yang mampu meningkatkan imunitas.

Kandungan nutrisi kaya antioksidan didalamnya mampu menangkal radikal bebas dari luar tubuh. Sel tidak mudah rusak dan meningkatkan kemampuan regenerasi. Vitamin E bisa didapat dari makanan jenis kacang-kacangan serta biji-bijian.

Contoh makanan mengandung vitamin E adalah kacang tanah, almond, hazelnut. Dari kalangan biji-bijian contohnya biji gandum dan biji bunga matahari. Selain itu olive oil dan green tea juga dipercaya memiliki kandungan vitamin E.

5. Zinc

Kebutuhan zinc dalam tubuh juga sama pentingnya dengan vitamin yang disebutkan diatas. Zinc atau senc merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh, perannya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sebagai penyusun enzim Superokside Dismutase (SOD). 

Selain memiliki peran terhadap kekebalan tubuh, zinc juga dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan luka, mengurangi peradangan dan mengobati infertilitas. 

Ada juga suplemen yang dijual dalam bentuk kapsul lunak sehingga mudah dikonsumsi. Namun tetap disarankan untuk memperbanyak asupan nutrisi dari makanan alami untuk mencegah alergi maupun efek samping jangka panjang suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh.

Tidak hanya baik untuk daya tahan tubuh. Namun kamu juga dapat mengetahui Penting! Berikut 4 Manfaat Suplemen Makanan untuk Tubuh.Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.