Kerap kali kebingungan dapat terjadi mengenai lebih baik memilih obat paten atau obat generik.

Sebagian besar orang mengenal perbedaan obat generik dan paten dari segi harganya. Namun, perbedaan lainnya juga dapat dilihat dari distribusinya. Anda bisa membeli obat generik dengan harga lebih murah. Sedangkan untuk membeli obat paten biasanya perlu mengeluarkan biaya lebih tinggi.

Perbedaan harga tersebut seringkali membuat masyarakat beranggapan bahwa obat paten lebih baik ketimbang generik. Namun, apakah hal tersebut sepenuhnya tepat? Ternyata kedua jenis zat tersebut sama-sama efektif untuk mengobati.

Lalu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai obat generik. Anda perlu menyimak artikel lainnya mengenai Apa Itu Obat Generik Berlogo? Berikut Penjelasannya.

Lantas, apa yang membedakan antara keduanya sehingga perlu dikelompokkan sendiri-sendiri? Untuk memahaminya secara tuntas, berikut akan kami jelaskan perbedaan antara keduanya.

Pahami Perbedaan Obat Generik dan Paten

Obat merupakan zat yang dibuat untuk mencegah, mengurangi, menghilangkan, serta menyembuhkan berbagai penyakit maupun gejala gangguan kesehatan. Ketika seseorang jatuh sakit, zat ini sangat dibutuhkan sebagai solusi untuk mengatasinya.

Tidak sedikit pasien meminta dokter untuk diberi resep patent ketimbang generik tanpa benar-benar mengetahui apa perbedaan obat generik dan paten. Untuk itu, masyarakat perlu mendapatkan informasi yang tepat terkait kedua jenis tersebut.

Anggapan mengenai efektivitas produk generic yang lebih buruk ketimbang patent sangat kurang tepat. Ini karena, keduanya telah melalui proses produksi serta pengujian klinis sesuai standar sehingga baik untuk menyembuhkan penyakit.

Apa Itu Obat Paten

Perbedaan obat generik dan paten yang paling utama terletak pada proses produksinya. Produk patent adalah jenis zat yang baru diproduksi serta dipasarkan oleh perusahaan farmasi tertentu dan telah mengantongi hak paten.

Konsekuensi dari kepemilikan hak paten tersebut adalah hanya perusahaan farmasi itu saja yang bisa memproduksi produk tersebut. Sedangkan perusahaan farmasi lain tidak bisa memproduksi maupun memasarkannya tanpa seizin perusahaan pemilik patent.

Letak perbedaan keduanya dapat dilihat dari segi harga berasal dari panjangnya proses produksi. Mulai dari penelitian, pengujian klinis, hingga mendaftarkan sehingga memperoleh hak paten yang perlu biaya besar.

Maka tidak mengherankan apabila hasil produksinya juga dibanderol harga lebih tinggi di pasaran. Hak patent suatu perusahaan farmasi bisa berakhir apabila tidak diperpanjang. Berlakunya hak tersebut di Indonesia sekitar 20 tahun lamanya.

Apabila perusahaan farmasi tidak memperpanjang masa paten, maka perusahaan lain dapat memproduksi zat serupa menggunakan zat aktif sama. Meski demikian, zat pembawanya berbeda sehingga membutuhkan pengujian lain sebelum dipasarkan.

Apa Itu Obat Generic

Untuk memahami perbedaan obat generik dan paten secara tuntas, Anda tentu harus mengetahui apa itu obat generic. Jika produk pengobatan jenis patent diproduksi secara eksklusif oleh perusahaan farmasi, bagaimana dengan jenis generic? 

Produsen zat tersebut tentunya juga perusahaan farmasi yang memiliki izin produksi. Namun, produknya bukan merupakan produk awal. Melainkan dibuat setelah habisnya masa patent sehingga semua perusahaan bisa memproduksinya.

Karena bisa diproduksi tanpa harus membayar paten, maka perbedaan obat generik dan paten paling terlihat dari segi harganya. Perusahaan farmasi pembuat pertama memang tidak sepenuhnya membeberkan resepnya.

Meski begitu, kandungan yang ada dalam produk generic tetap sama sehingga efektivitasnya dalam menyembuhkan penyakit juga sama baiknya. Sedangkan kelebihannya adalah harga lebih murah sehingga bisa diakses semua kalangan masyarakat. 

Perbedaan obat generik dan paten juga bisa ditinjau dari segi jenisnya. Produk generik terdiri dari dua jenis, yakni berlogo dan bermerek.

Adalah produk yang menampilkan logo generic, tidak menampilkan nama produsen atau perusahaan farmasi. Jenis satu ini biasanya harganya lebih murah karena tidak membutuhkan biaya promosi. 

2. Branded Generic

Adalah produk generik dengan merek (brand) perusahaan farmasi yang memproduksinya. Harga jualnya biasanya lebih tinggi dibanding jenis sebelumnya.

Baik produk patent maupun generik sama-sama memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asalkan sesuai aturan dosis. Pastinya hal ini penting untuk Anda ketahui, Anda bisa dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Selain mengenali perbedaan mengenai obat generik dan obat paten. Anda juga perlu mengenali simbol dalam obat-obatan, Begini Macam Simbol Obat-obatan, Ada Logo Obat Keras!

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.