Apa itu obat generik? Obat generik adalah obat yang diproduksi secara masal dengan kandungan yang sama seperti obat paten pada umumnya. Ada banyak sekali jenisnya, tetapi di Indonesia jumlah konsumennya masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah paradigma masyarakat bahwa obat generik berlogo masih kelas dua. Masyarakat juga terkadang menganggap khasiatnya tidak begitu manjur apabila dibandingkan yang bermerek. Padahal tidak demikian, kesalahpahaman semakin mahal harganya maka kualitasnya semakin bagus ini terjadi karena kurangnya edukasi kepada masyarakat.

Selain itu Anda juga perlu memahami dalam menjalankan bisnis obat maupun vitamin. Simak artikel menganai Tips Memilih Supplier Vitamin untuk Bisnis Apotek yang satu ini!

Memahami Pengertian Obat Generik Berlogo (OGB)

Secara umum, Indonesia memiliki dua macam jenis obat, yaitu paten dan generik. Paten berarti pengembangan yang telah diuji secara klinis berdasarkan standar internasional. Sesuai dengan namanya, obatnya eksklusif diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan pemegang patennya. Sementara itu, generik berarti obat yang masa patennya sudah habis sehingga bisa diproduksi bebas oleh berbagai perusahaan farmasi. Di Indonesia sendiri, generik terbagi menjadi dua macam, yaitu generik berlogo dan generik bermerek (branded generic).

Sebenarnya, tidak ada perbedaan signifikan dari kedua jenis tersebut karena secara khasiat, resep, dan kandungan juga sama persis. Bahkan, efek sampingnya juga sama. Artinya, kedua perbedaan tersebut hanya terletak di kemasan saja. OGB secara kemasan memang lebih sederhana karena tidak terdapat logo atau merek dari perusahaan farmasi yang memproduksinya.

Namun, memiliki ciri serupa, yaitu bundar hijau dengan garis putih bertuliskan generik. Sementara itu, generik bermerek kemasannya lebih beragam yang bergantung identitas perusahaan produsennya. Tampilan dan bentuk obatnya juga dibuat agar lebih menarik. Karenanya, ada perbedaan signifikan pada sisi harga meskipun sama-sama berjenis generik. Harga OGB sendiri dikendalikan oleh pemerintah.

Sebenarnya, jenis OGB sudah sering ditemui bagi masyarakat umum, salah satunya seperti parasetamol yang biasa digunakan untuk meredakan demam, asam mefenamat yang mengurangi nyeri haid, dan antasida pereda nyeri lambung. Obat-obat tersebut sudah terbukti ampuh sehingga tidak perlu khawatir dalam mengonsumsinya.

Fakta Umum Mengenai OGB yang Dapat Anda Keatahui

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika berpindah menggunakan OGB untuk mengobati berbagai macam penyakit yang sedang diderita. Manfaatnya beragam, mulai dari sisi ekonomi hingga kesadaran tentang penggunaan obatnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang beberapa fakta dan juga manfaat obat generik.

1. Lebih Bernilai Ekonomis

Ada dua hal yang membuat berobat mahal. Pertama, mengadakan tes laboratorium untuk memeriksa berbagai kondisi tubuh dan kedua, membeli obatnya. Sekali berobat bahkan bisa menghabiskan uang jutaan, belum lagi kebutuhan kontrol dan konsultasi.

Anda bisa memangkas biaya pengobatan tersebut dengan memilih mengkonsumsi obat dalam penyembuhanya, cobalah meminta resep OGB ke dokter. OGB jauh lebih murah harganya karena tidak ada biaya riset, uji, dan pemasaran. Namun, OGB memiliki fokus dalam menyediakan suplemen bagi tubuh.

2. Bisa Sembuh dari Penyakit yang Diderita

Secara umum, OGB tidak jauh berbeda khasiatnya dari yang bermerek, mengingat komposisinya sama dan telah melalui pengujian sebelumnya. Apabila mengkonsumsi obat generik bermerek bisa sembuh, hal serupa juga akan sama ketika menggunakan generik berlogo.

Jika masih ragu untuk mengonsumsinya, cobalah berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa Anda. Apakah bisa mengonsumsi OGB untuk mengobati penyakit, berapa dosisnya, dan lama untuk mengkonsumsinya. Dengan demikian, kemungkinan sembuh bisa lebih tinggi.

3. Membantu Melawan Paradigma Negatif

Paradigma negatif muncul karena belum banyak orang memiliki pengetahuan utuh mengenai OGB. Karenanya, apabila semakin banyak orang menggunakan obat, keyakinan masyarakat akan meningkat dan lama-kelamaan paradigma negatif mulai berkurang.

Mengobati menjadi langkah terbaik untuk menyelesaikan sakit yang dialami. Namun, terkadang juga harus mempertimbangkan berbagai aspek lainnya, seperti finansial. Untuk itu, cobalah pesan obat generik berlogo saja, kami mampu menyediakan yang terbaik bagi Anda.

4. Obat Tidak Selalu ada Versi Generiknya

Hak paten penemuan obat biasanya bisa mencapai 20 tahun, sehingga untuk sebagian obat yang baru ditemukan beberapa tahun belum ada versi generiknya.  

Sehingga selama hak paten tersebut belum selesai, maka perusahaan obat lain tidak diperbolehkan menjual obat dengan bahan aktif yang sama. 

5. Layanan Kesehatan Pemerintah Wajib Meresepkan Obat Generik

Melalui Permenkes No. HK.02.02/MENKES/068/1/2010 disebutkan bahwa seluruh pelayanan kesehatan pemerintah diwajibkan memberikan resep obat generik. 

Hanya jika obat generik belum tersedia, maka dokter puskesmas atau klinik baru boleh memberikan resep obat generik bermerek.

Selain itu Anda juga perlu mengetahui suplemen makanan untuk tubuh. Penjelasan pada artikel Penting! Berikut 4 Manfaat Suplemen Makanan untuk Tubuh ini bisa menjadi referensi untuk Anda dalam menjaga kesehatan tubuh yang baik.Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.