...

Bisnis apotek semakin menjamur seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kesehatan. Apotek merupakan tempat yang menyediakan kebutuhan kefarmasian. Masyarakat bisa mendapatkan akses kesehatan dengan mudah melalui Apotek.

Berbeda dengan toko obat yang merupakan tempat transaksi jual beli, Apotek memiliki fungsi lebih besar. Konsumen bisa mendapatkan layanan kaitannya dengan bidang kefarmasian. Termasuk konsultasi pemilihan, penggunaan serta efek samping obat.

Baca Juga: Tips Membuka Bisnis Apotek, dari Persiapan hingga Keuntungannya

7 Jenis Bisnis Apotek Paling Umum

Perannya sangat besar sebagai penyedia kebutuhan kefarmasian, ternyata Apotek memiliki berbagai tipe. Berikut 7 jenis Apotek yang memiliki peran masing-masing.

1. Apotek Retail

Jenis bisnis Apotek yang pertama adalah retail atau komunitas. Jenis ini merupakan yang paling banyak ditemui. Apotek seperti ini didirikan di tengah komunitas masyarakat seperti area pertokoan, ruko, pemukiman.

Di sini masyarakat dapat menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit yang umum. Di antaranya obat untuk diare, flu, batuk, sakit kepala, obat kulit, suplemen vitamin dan obat umum lainnya.

2. Apotek Rumah Sakit atau Klinik

Jenis ini berada di lingkungan klinik atau Rumah Sakit. Bertanggung jawab memenuhi kebutuhan obat bagi pasien yang sudah diresepkan oleh dokter. Bisnis apotek ini membantu dokter dalam membuat dosis dan menentukan jenis obat paling tepat untuk pengobatan pasien.

Apotek klinik atau rumah sakit bekerja sama dengan perusahaan farmasi. Jadi tidak menjual brand obat secara khusus. Obat yang dijual di Apotek ini bisa juga ditemukan di Apotek jenis retail.

3. Apotek Industrial

Apotek jenis ini khusus mempromosikan dan menjual obat dari perusahaan tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk edukasi sekaligus menjawab permasalahan masyarakat akan keluhan sakit. Lebih lanjut Apoteker membantu pencapaian target industri farmasi dari perusahaan bersangkutan.

4. Apotek Racikan

Bisnis apotek jenis ini menyediakan obat dalam bentuk racikan. Bisa berupa serbuk, kapsul maupun larutan. Umumnya didirikan di dekat lokasi perumahan penduduk dan fasilitas kesehatan. Fungsinya tetap sama yaitu memberikan konseling serta menyediakan obat bagi masyarakat.

Meski berlabel apotek racikan namun di sini konsumen bisa mendapatkan obat jadi. Jumlahnya mungkin tidak sebanyak Apotek Retail sebab fokus utama bisnis ini adalah menjual obat racikan.

5. Apotek Berjalan

Apotek berjalan maksudnya dalam menjalankan aktivitasnya dilakukan dengan menjemput bola. Bukan menunggu konsumen datang namun justru mendatangi konsumen. Hal ini dilakukan karena lokasi konsumen yang jauh dari perkotaan.

Banyak dijumpai di daerah pedesaan terpencil. Umumnya menggunakan ambulance atau mobil kesehatan. Selain menyediakan obat aktifitas bisnis apotek satu ini adalah memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

6. Apotek Perawatan Rumah

Apotek ini khusus menyediakan pelayanan kefarmasian untuk pasien yang dirawat di rumah. Kebanyakan obat diberikan dalam bentuk injeksi. Contoh untuk pasien dengan gangguan mental, onkologi, kemoterapi dan pasien khusus yang berkaitan dengan gizi.

Apoteker atau petugas khusus mendatangi rumah pasien secara khusus atas permintaan. Sama dengan menjemput bola namun dalam hal ini pasiennya adalah perorangan yang membutuhkan treatment khusus.

7. Apotek Riset

Apotek jenis ini tidak melakukan penjualan obat kepada masyarakat. Keberadaannya memiliki tugas sebagai peneliti atau riset terhadap obat-obatan yang beredar. Apoteker dan tenaga ahli di dalamnya perlu melakukan serangkaian uji untuk memastikan obat di masyarakat aman dan bermanfaat.

Dari apotek ini masyarakat mendapatkan edukasi mengenai manfaat serta efek samping obat yang dikonsumsi. Termasuk harga serta masa kedaluwarsa. Bisnis apotek ini bekerja sama dengan instansi tertentu dan tidak mengambil untung dari konsumen.

Dengan demikian Anda telah mengetahui berbagai jenis apotek sesuai dengan fungsi dan ketentuannya. Tidak hanya itu, dalam dunia kefarmasian apotek tidak akan lepas dari sebuah perusahaan pedagang besar farmasi. Dalam praktiknya, pedagang besar farmasi memiliki ketentuan khusus untuk mendukung setiap aktivitas distribusi obat-obatan.

Baca Juga:Ternyata Usaha Apotek Menjanjikan, Begini Cara Memulainya

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.