...

Menu sarapan sehat yang Anda konsumsi menjadi bekal untuk membuat tubuh berenergi. Anda pun akan lebih berkonsentrasi dan berstamina dalam menjalani hari. Menu sarapan yang sehat perlu memiliki porsi makan tepat dengan kandungan gizi seimbang.

Sehingga, Anda dapat memulai aktivitas dengan lebih optimal dan lebih bersemangat. Berikut 15 Makanan Penambah Stamina Agar Tidak Cepat Lelah yang dapat menjadi menu sarapan. Kemudian jika membutuhkan obat atau suplemen, Anda dapat memperolehnya dari Mandira, salah satu distributor obat terpercaya di Indonesia. 

Nutrisi Wajib pada Menu Sarapan Sehat

Mulai dari protein hingga karbohidrat, di bawah ini adalah daftar nutrisi yang perlu Anda masukkan ke menu sarapan agar menjadi ideal untuk kesehatan:

1. Protein

Tubuh perlu asupan protein paling sedikit 15 hingga 25 persen di setiap menu sarapan yang sehat. Fungsi protein beragam, diantaranya mendukung pertumbuhan serta meningkatkan massa otot. Ini menjadi cara yang tepat untuk memelihara badan agar tetap ideal.

2. Lemak

Pada sarapan yang sehat, lemak tak jenuh dianjurkan untuk disertakan dalam menu. Sebab, nutrisi ini terkenal efektif dalam menurunkan tingkat risiko serangan jantung, lalu meningkatkan imun tubuh, hingga menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Serat

Serat dapat membuat Anda merasakan kenyang lebih lama. Peran serat adalah untuk melancarkan sistem pencernaan. Sebaiknya masukkan 25 kandungan serat pada menu sarapan Anda, sehingga mendukung kelancaran sistem pencernaan yang optimal. 

4. Kalori

Tubuh memerlukan lebih dari 300 kilo kalori, idealnya adalah sekitar 350 kilokalori. Namun, usahakan agar tidak sampai atau melebihi 400 kilokalori.

5. Mineral

Berikutnya, Anda perlu memasukkan nutrisi mineral ke dalam menu sarapan agar sehat. Contoh mineral penting diantaranya kalsium, folat, hingga zat besi.

6. Vitamin

Vitamin yang tinggi antioksidan, seperti vitamin A, C, hingga E, jadi jenis nutrisi yang penting untuk sarapan. Ini mengingat vitamin tersebut bisa mencegah kerusakan akibat radikal bebas melalui penetralisiran. 

7. Karbohidrat

Karbohidrat dalam menu sarapan berisi 25 hingga 40 persen dari total menu yang ada. Peran karbohidrat yang utama adalah memberikan energi yang cukup agar tubuh kuat beraktivitas.

7 Pilihan Menu Sarapan Sehat 

Bagi Anda yang bingung menu yang sehat untuk sarapan, berikut berbagai rekomendasinya untuk Anda:

1. Oats

Oats memiliki kandungan utama karbohidrat di dalamnya. Lengkapi oats dengan susu rendah lemak untuk meningkatkan asupan serat pada sarapan Anda.

2. Telur

Sumber protein yang termurah salah satunya adalah telur. Rasa kenyang jadi tahan lama ketika Anda sarapan dengan telur. Sebaiknya konsumsi 3 butir telur serta 1.5 porsi karbohidrat berupa roti putih. 

3. Buah-buahan

Selanjutnya, Anda juga bisa memasukkan berbagai buah ke menu sarapan agar kaya vitamin dan serat. Anda bisa memilih pisang sebagai buah terbaik untuk sarapan. Kandungan pisang mulai dari serat, vitamin C, hingga potassium.

4. Gandum dan Biji-bijian

Mengonsumsi gandum serta biji-bijian untuk sarapan akan meningkatkan antioksidan di tubuh Anda. Menu satu ini juga tinggi mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, seng, hingga magnesium.

5. Wafel

Anda dapat menggunakan wafel instan serta bahan pelengkap lainnya agar lebih praktis. Masak dengan dipanggang hingga kecoklatan. Lalu, tambahkan potongan buah serta madu agar semakin nikmat.

6. Smoothies

Smoothies yang ideal dan sehat terdiri dari buah, sayur, serta oats (gandum). Kandungan smoothies ini adalah protein dan serat, yang mana akan membuat Anda tidak merasa lapar dalam waktu yang lama. 

7. Selai Kacang

Menu ini dapat menjadi pelengkap sarapan, seperti sebagai olesan roti ataupun buah apel. Protein dalam 2 sendok selai kacang adalah 8 gram, sehingga jadi sumber lemak tak jenuh ideal untuk jantung.

Demikian tujuh menu sarapan sehat untuk membuat tubuh Anda berenergi. Perlu Anda ketahui bahwa sarapan di pagi hari sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, berikut informasinya Ternyata Ini Pentingnya Sarapan Pagi

Jika Anda membutuhkan berbagai obat tertentu atau suplemen, bisa didapatkan dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini dan membaca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini.