Ketika posisi tubuh keliru ketika mengangkat barang yang berat, nyeri di bahu dapat terjadi.

Pernah mengalami rasa nyeri pada bahu sehabis mengangkat barang berat? Bisa jadi posisi barang tersebut keliru sehingga menyebabkan cedera pundak bagian dalam. Apabila dibiarkan akan menyebabkan permasalahan serius sehingga tubuh tidak bisa berdiri tegak.

Konon, banyak pasien mendatangi ahli Ortopedi mengeluhkan sakit bahu dengan berbagai tingkatan. Kenapa bahu menjadi bagian yang rentan merasakan nyeri atau pegal? Karena bagian ini terdiri atas tiga tulang, diantaranya lengan atas, belikat, dan terakhir selangka.

Baca Juga: 4 Penyebab Nyeri Punggung Bawah, Termasuk Cara Mencegah dan Mengatasinya

7 Penyebab Nyeri pada Bahu

Ketika area bahu Anda mulai merasakan nyeri, mulai dari gejala ringan sampai parah, bisa jadi disebabkan oleh berbagai kondisi berikut ini:

1. Bursitis

Gangguan bursitis atau bursa yang merupakan pelindung tulang serta otot pundak mengalami penurunan fungsi. Penggunaan area ini secara berlebihan memicu sakit hebat ketika bahu digerakkan ke depan maupun ke area atas.

2. Tendinitis

Gangguan tendinitis atau gangguan pada tendon penghubung otot dengan tulang. Rasa sakit dari gejala ini adalah sensasi tajam seperti ketika Anda sedang sakit gigi. Namun, nyeri pada bahu tendinitis sebagai efek buruknya bisa sangat mengganggu ketika Anda tertidur.

3. Robekan Tendon

Robekan tendon yang biasanya terjadi pada orang-orang lanjut usia atau lansia. Ciri-cirinya, penderita kesulitan mengangkat bahu karena tidak adanya tenaga atau sedikit sekali tenaga dimiliki. Robekan tendon biasa disebut sebagai rotator cuff tear dalam istilah medisnya.

Memasuki usia senja, terkadang penyakit datang bukan karena tubuh ceroboh, melainkan karena fungsi tubuh yang berkurang. Termasuk kondisi nyeri pada bahu yang kerap dirasakan lansia juga sebagian besar penyebabnya karena faktor usia semakin tua.

4. Impingement Syndrome

Impingement Syndrome, merupakan kondisi ketika seseorang sudah menderita robekan tendon kemudian mendapatkan tekanan dari luar. Kondisi ini bisa dikatakan sebagai situasi combo, dimana ketika lengan diangkat robekan terjadi dan terjadi juga kondisi bursitis.

5. Instabilitas Sendi

Instabilitas sendi bahu ini merupakan keterbalikan dari robekan tendon yang kebanyakan menimpa lansia. Kondisi ini justru banyak menyerang generasi muda ketika aktif melakukan kegiatan olahraga, terutama kegiatan bela diri.

Dislokasi yang menyebabkan nyeri pada bahu yang disebabkan oleh aktivitas fisik berlebih merupakan contoh gangguan ini. Sebenarnya bisa ditangani, namun setelah itu harus berhati-hati sekali karena terkadang fungsi tubuh tidak kembali seperti semula.

6. Radang Sendi

Radang sendi dengan tanda nyeri pada area bahu dan biasanya disebabkan oleh kekakuan. Paling sering kondisi radang sendi atau artritis yang menimpa penderita adalah osteoarthritis atau perasaan sakit yang tidak timbul setiap hari dan muncul secara perlahan.

Usia tua muda bisa mengalami nyeri pada bahu ini. Perbedaannya jika usia tua disebabkan oleh menurunnya fungsi tubuh, untuk usia muda bisa disebabkan oleh jarangnya tubuh bergerak. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, orang semakin malas bergerak karena di rumah saja.

7. Patah Tulang

Terakhir, fraktur atau patah tulang. Pada kondisi ini, tua muda bisa mengalaminya. Bedanya, biasanya penyebab gangguan pada usia tua karena terjatuh dan tubuh mulai berkurang fungsinya. Sementara pada generasi muda beda lagi.

Kebanyakan generasi muda mengalami fraktur karena mengeluarkan energi berlebih sehingga tubuh tidak siap menerima gerakan baru. Dampaknya, patah tulang terjadi, meskipun bisa ditangani secara baik apabila berobat langsung ke tempat tepat.

Banyak dari masyarakat kita masih percaya bahwa setiap sakit pada sendi maka jawabannya pergi ke tukang pijat. Padahal, dalam beberapa kondisi nyeri pada bahu dan area lainnya membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut dari ahlinya menggunakan alat medis lengkap.

Baca Juga: Bagaimana Posisi Tidur dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.