...

Anosmia merupakan salah satu penyakit yang berkaitan dengan indra penciuman, yaitu ketika seseorang tidak bisa mencium bau dengan normal atau penciumannya tidak lagi sepeka biasanya. Sebenarnya, ada berbagai cara menyembuhkan anosmia yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya bahkan memakai metode yang cukup mudah.

Kondisi anosmia dapat memiliki banyak pengaruh terhadap kehidupan seseorang, misalnya tidak bisa mencium bau masakan dan membuat nafsu makan menurun. Maka dari itu, kenali lebih jauh Apa itu Anosmia dan Bagaimana Gejalanya! Kemudian jika membutuhkan obat-obatan atau suplemen, Anda dapat memperolehnya dari Mandira, salah satu distributor obat terpercaya di Indonesia. 

Cara Menyembuhkan Anosmia

Inilah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kondisi anosmia, perhatikan setiap alternatifnya!

1. Bilas Hidung dengan Air Garam

Cara menyembuhkan anosmia yang pertama yaitu dengan membilas hidung menggunakan air garam. Anda dapat membeli garam dalam bentuk larutan siap pakai yang biasanya dijual di apotek.

Selain itu, bisa juga dengan membuat larutan secara mandiri, yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh soda kue ke dalam satu cangkir yang sudah diisi air matang, lalu masukkan ke dalam botol khusus.

Selanjutnya, miringkan kepala penderita anosmia, arahkan corong botol ke area salah satu lubang hidung. Kemudian semprotkan cairan ke dalam salah satu lubang hidung hingga cairan keluar lewat lubang hidung lainnya, untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan bilas hidung dengan air garam ini sebanyak 3 kali sehari. 

2. Melakukan Latihan Penciuman

Cara kedua yaitu dengan melakukan latihan penciuman. Hal ini bisa dilakukan dengan langkah menghirup beberapa jenis aroma yang berbeda, sehingga dapat menimbulkan rangsangan terhadap indra penciuman dan membangun ingatan penderita terhadap aroma tadi.

Beberapa jenis aroma yang menjadi rekomendasi untuk metode ini adalah aroma lemon, mawar, kayu putih, dan cengkeh. Hirup aroma tersebut secara mendalam sepanjang 15 sampai 20 detik, lalu fokuslah untuk mengingat seperti apa aroma tersebut.

3. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Cara menyembuhkan anosmia juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya, ketika penciuman terhambat karena kondisi pilek, maka hal ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun Anda juga bisa mengonsumsi obat dekongestan untuk mempercepat penyembuhannya. Begitu pula jika ada kondisi lain yang memungkinkan untuk melakukan penyembuhan dengan obat.

4. Konsumsi Jahe

Cara selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi jahe, dan hal ini bisa dilakukan dalam bentuk teh jahe. Rempah khas Indonesia yang satu ini memang sering menjadi bahan untuk obat herbal. Aromanya yang menyengat juga sangat baik untuk melatih indra penciuman yang mulai tidak peka.

Selain itu, jahe juga bisa menjadi pereda radang yang terdapat di saluran pernapasan, sehingga sumbatan oleh lendir di area tersebut bisa berkurang.

5. Melakukan Operasi

Untuk beberapa kondisi, jika obat sudah tidak bisa lagi menyembuhkan kondisi ini, maka tindakan operasi dapat menjadi cara selanjutnya untuk memulihkan indra penciuman.

Cara Lain Menyembuhkan Anosmia

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda telah mengetahui 5 cara penting yang bisa membantu dalam penyembuhan anosmia. Selanjutnya, ada pula cara lain yang bisa diterapkan jika dilihat dari penyebab anosmia, yaitu:

1. Anosmia karena Kelainan Hidung

Pertama, ada anosmia yang disebabkan karena adanya kelainan pada hidung atau adanya pertumbuhan polip hidung. Untuk mengatasi permasalahan ini, dokter cenderung akan melakukan tindakan pembedahan, sehingga kelainan tersebut dapat teratasi.

2. Anosmia karena Hidung Tersumbat atau Pilek

Selanjutnya, ada anosmia yang disebabkan oleh hidung tersumbat atau pilek. Cara penyembuhannya yaitu dengan memakai obat dekongestan, biasanya hal ini juga yang akan dianjurkan oleh dokter.

Itulah berbagi penjelasan tentang solusi penyembuhan anosmia yang perlu dipahami. Dari sekian cara menyembuhkan anosmia yang telah disebutkan, jika penciuman tetap saja tidak kunjung membaik segera konsultasikan ke dokter sehingga akan mendapat perawatan yang lebih efektif.

Sebagai tambahan ketahui juga Perbedaan Gejala Flu Batuk dan Covid-19, dan jika Anda membutuhkan berbagai obat tertentu atau suplemen, bisa didapatkan dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini dan membaca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini.