Terdapat berbagai tanaman obat herbal yang memiliki banyak manfaat untuk darah tinggi.

Seledri, kumis kucing, pegangan, temulawak, dan jahe adalah tanaman yang digunakan sebagai obat herbal untuk darah tinggi. Berbeda dengan obat kimiawi yang memiliki efek menyembuhkan cepat, penggunaan obat herbal memerlukan jangka waktu lebih lama.

Kabar baiknya tidak diperlukan biaya mahal untuk menekan keluhan darah tinggi dan komplikasinya. Obat bisa didapat dari bahan-bahan di alam dan tidak perlu membeli. Dengan begitu resiko penyakit ini dapat diminimalisir.

Selain Anda dapat mengetahui obat herbal untuk darah tinggi. Anda juga perlu mengetahui 6 Herbal untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda, hal ini cukup penting untuk Anda dalam menjaga imunitas agar tubuh Anda tetap terjaga dengan sehat dan tidak gampang sakit.

11 Tanaman Obat Herbal Darah Tinggi

Efek penyembuhan bisa didapat dari bahan-bahan yang seringkali tidak disadari manfaatnya. Berikut ini 11 tanaman yang memiliki khasiat manjur bagi penderita darah tinggi.

1. Seledri

Sering ditambahkan dalam berbagai olahan makanan, seledri ternyata memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Apigenin yang terkandung didalamnya membantu memperlambat detak jantung, darah yang terpompa lebih sedikit sehingga tekanannya berkurang.

2. Kumis Kucing

Kumis kucing juga memiliki khasiat sebagai obat herbal darah tinggi. Bukan hanya sebagai diuretik dan peluruh batu ginjal namun juga mampu menurunkan tekanan darah. Penggunaannya cukup mengeringkan daun kumis kucing kemudian menyeduhnya menjadi minuman.

3. Pegagan

Asiatikosida yang terkandung dalam tanaman pegagan terutama daunnya memiliki khasiat memperlancar aliran darah pada pembuluh. Zat aktif tersebut bekerja menurunkan permeabilitas kapiler dan meningkatkan mikrosirkulasi.

Penggunaannya sebagai obat sangat mudah. Tanpa pengolahan, daun pegagan bisa langsung dimakan sebagai lalap. Anda juga bisa membeli dalam bentuk kapsul instan langsung minum yang lebih praktis.

4. Temulawak

Temulawak merupakan rimpang yang juga memiliki khasiat baik sebagai obat herbal darah tinggi karena mengandung flavonoid. Bisa dikonsumsi sendiri dalam bentuk minuman maupun dikombinasikan dengan herbal lain seperti jahe, pegagan dan sebagainya.

5. Jahe

Mengkonsumsi minuman jahe efektif menurunkan ketegangan otot serta memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah lancar, kerja jantung dapat terbantu, sehingga tekanan menurun dan menjaganya lebih stabil.

6. Meniran

Daun meniran mampu menjaga keseimbangan natrium-kalium dalam darah. Meningkatkan cairan intraseluler serta menurunkan cairan ekstraseluler. Cara kerja ini menyebabkan tekanan darah menurun dan meluruhkan air seni.

7. Daun Basil

Obat herbal lainnya adalah daun basil. Bentuk dan aromanya mirip dengan kemangi namun merupakan spesies berbeda. Mengkonsumsi daun basil dalam dosis cukup dapat meminimalisir zat-zat yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

8. Kapulaga

Kapulaga bukan hanya digunakan sebagai bumbu aromatic pada masakan. Dibalik fungsinya tersebut ternyata tanaman ini berkhasiat menurunkan tekanan darah. Jadi tidak perlu khawatir lagi saat mengkonsumsi makanan khas India yang kental santan dan berdaging.

9. Bawang Putih

Bawang putih bukan hanya sebagai anti bakteri. Tanaman yang jadi bumbu wajib ini memiliki kandungan oksida nitrat dan dimanfaatkan sebagai obat herbal darah tinggi. Oksida nitrat memiliki khasiat membuat pembuluh darah lebih rileks dan lebar, sehingga tekanan darah jadi lebih stabil.

10. Biji Rami

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam biji rami terbukti berkhasiat menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi biji rami 30-50 gram per hari efektif menurunkan resiko penyakit kardiovaskular aterosklerotik.

Cara kerja asam lemak omega-3 mampu mengurangi kolesterol serta meningkatkan toleransi glukosa. Omega-3 juga merupakan antioksidan penting yang diperlukan oleh tubuh karena menjaga kesehatan jantung.

11. Lavender

Dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk nyatanya lavender juga memiliki khasiat menurunkan tekanan darah yang manjur. Lavender memiliki efek menurunkan detak jantung serta tekanan darah.

Bukan hanya dihirup aromanya namun bunga Lavender dapat ditambahkan dalam makanan. Daunnya juga dapat dikonsumsi dengan cara yang sama dan memiliki khasiat serupa yaitu sebagai obat herbal darah tinggi.

Setelah Anda mengetahui beberapa obat herbal yang sesuai untuk darah tinggi. Anda juga perlu mengetahui Peran Penting Distributor Obat Herbal di Masa Pandemi yang pastinya berbeda dengan dahulu kala.

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.

Referensi:

Kompas.com. (2022, March 23). 11 Tanaman Herbal untuk Menurunkan Darah Tinggi. https://health.kompas.com/read/2020/08/24/150200668/11-tanaman-herbal-untuk-menurunkan-darah-tinggi