...

Gangguan otot lambung atau gastroparesis merupakan gangguan yang dapat memperlambat gerakan otot pada lambung. Gangguan ini menyerang bagian pencernaan manusia seperti Sakit Maag dan GERD. Hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap sistem pencernaan, dorongan makanan untuk menuju usus menjadi semakin lambat.

Ada berbagai gejala yang sebaiknya Anda waspadai serta berbagai cara perawatan alami yang bisa dilakukan. Simak artikel ini untuk memahami lebih jauh tentang gastroparesis!

Memahami Gangguan Otot Lambung atau Gastroparesis

Jika berada dalam kondisi sehat dan normal, organ lambung dapat menampung makanan dam secara sedikit demi sedikit akan menyalurkan makanan tersebut ke bagian usus. Dalam prosesnya, dibutuhkan bantuan dari otot-otot lambung. Penyaluran tersebut diatur oleh saraf vagus, termasuk berbagai kontraksinya.

Namun, jika Anda menderita gangguan gastroparesis, maka proses penyaluran makanan tersebut menjadi terganggu. Gangguan gastroparesis menyebabkan kerusakan pada bagian saraf vagus yang kemudian dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satu jenis komplikasi tersebut yaitu penderita bisa mengalami malnutrisi.

Penyebabnya belum dapat diketahui secara pasti, namun ada berbagai gejala yang bisa Anda waspadai sebagai berikut.

Gejala Gangguan pada Otot Lambung

Secara umum, gejala untuk gangguan ini dapat timbul ketika proses mengosongkan makanan dalam lambung menjadi lambat. Berbagai gejala yang bisa dirasakan oleh penderita dapat berupa:

  • Menjadi cepat merasa kenyang ketika makan
  • Meski sudah berselang waktu yang cukup lama dari terakhir kali makan, namun masih merasa kenyang
  • Nafsu makan menjadi hilang
  • Ada gejala mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Perut terasa terlalu penuh dan kembung
  • Kadar gula darah sulit terkontrol
  • Terjadi nyeri di bagian ulu hati atau terasa panas di bagian dada
  • Berat badan jadi menurun tanpa sebab yang jelas

Perawatan Gastroparesis dengan Cara Alami

Gangguan gastroparesis dapat menyebabkan berbagai komplikasi permasalahan pada tubuh, sehingga perlu untuk segera ditangani dengan tepat. Ada berbagai perawatan yang bisa dilakukan oleh penderita gastroparesis, termasuk berbagai cara alami berikut ini.

1. Praktikkan Pola Makan yang Lebih Sehat

Pengidap gastroparesis memerlukan makanan yang mudah dicerna untuk menangani kondisinya. Karenanya, konsumsi makanan rendah lemak dan serat, mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil, serta membatasi garam dan gula merupakan pola makan yang perlu pengidap gastroparesis praktikkan.

2. Hindari Minuman Bersoda dan Alkohol

Hal kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gangguan pada lambung adalah dengan menghindari minuman bersoda dan beralkohol.

Meski dalam bentuk cairan, namun minuman yang bersoda tidak memberikan tambahan nutrisi untuk Anda. Alkohol sendiri mengandung berbagai dampak negatif bagi kesehatan tubuh sehingga perlu dihindari selama Anda sedang menangani gangguan pencernaan seperti gastroparesis.

3. Perbanyak Minuman Mengandung Glukosa dan Elektrolit

Ketika pencernaan terganggu, tubuh juga kesulitan menerima tenaga dari nutrisi makanan. Anda dapat menambah tenaga dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung kadar glukosa dan elektrolit seperti larutan rehidrasi, jus buah dan sayuran dengan pemanis alami dan rendah serat, atau sup bening. 

4. Hindari Berbaring hingga 2 Jam Setelah Makan

Seringkali, berbagai penyakit muncul karena pola keseharian yang kurang sehat, sebagai contoh, kebiasaan berbaring ketika dan setelah makan. Hal itu tidak baik untuk sistem pencernaan, karena posisi berbaring membuat makanan menjadi semakin sulit untuk dicerna.

Adanya pengaruh dari gaya gravitasi menyebabkan terjadinya kesulitan tersebut, lambung menjadi semakin lama untuk kosong. Dengan demikian, sebaiknya Anda menghindari berbaring hingga 2 jam setelah makan.

5. Minum Multivitamin Setiap Hari

Anda juga dapat mengkonsumsi Multivitamin secara rutin setiap harinya untuk menghindari risiko kekurangan gizi akibat gangguan pencernaan yang menghalangi proses pengelolaan nutrisi tubuh.

Selain dari cara-cara perawatan tersebut, kebiasaan atau pola hidup yang baik tentunya menjadi kunci untuk mencegah berbagai jenis gangguan kesehatan, termasuk gastroparesis.

Jika Anda adalah penderita gastroparesis atau gangguan otot lambung, maka Anda juga dapat mulai mempraktikan langkah-langkah penanganan di atas. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau vitamin tambahan dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini.

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.