Kelemahan usaha apotek merupakan aspek yang perlu Anda pahami selain peluangnya yang menjanjikan. Sebab, bisnis ini melibatkan kesehatan masyarakat sehingga butuh perhatian ekstra ketika menjalankannya. 

Tanpa berlama-lama, berikut prospek, kelemahan, hingga peluang usaha apotek yang bisa Anda pahami sebelum terjun ke dalamnya. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui 5 Kesalahan Penyebab Apotek Sepi yang Perlu Dihindari.

Apa Saja Prospek Bisnis Apotek?

Bisnis apotek di Indonesia kian berkembang. Hal tersebut tidak mengherankan. Sebab, kesehatan termasuk aspek utama dalam kehidupan. Terlebih setelah pandemi berlangsung, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan turut meningkat. 

Masyarakat pun mulai membeli berbagai multivitamin maupun obat-obatan yang bisa menjaga stamina tubuh. 

Penerapan teknologi pada bisnis apotek tidak kalah prospektif. Ini membuat pemeriksaan kesehatan hingga pemberian obat jadi lebih praktis. Sebut saja robot medis yang memudahkan proses perawatan hingga pembedahan pasien.

Jadi, prospek bisnis apotek cukup cerah jika berpaku pada tingkat permintaan dan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat saat ini.

Memahami Kelemahan Usaha Apotek

Terdapat berbagai kelemahan dalam usaha apotek yang perlu Anda pahami, di antaranya:

1. Proses Perizinan yang Lama

Ketika memulai usaha apotek dari nol, Anda perlu siap dengan proses perizinannya yang memakan waktu berbulan-bulan. Ini mengingat apotek perlu mendapatkan berbagai macam izin. 

Misalnya, izin dagang, izin apoteker, izin bangunan, izin lingkungan, hingga izin kelengkapan apotek. Untuk memudahkan Anda menyelesaikan perizinan apotek, kolega di bidang hukum akan sangat dibutuhkan.

2. Kerusakan Obat

Berikutnya, Anda pun perlu waspada terhadap kerusakan obat. Bentuk kerusakan ini termasuk ketika obat kedaluwarsa. Produk farmasi satu ini memang riskan rusak. Terlebih bila penyimpanan obat menyalahi aturan. 

Itulah mengapa, Anda perlu memastikan ruang penyimpanan obat telah memenuhi standar. Kerusakan obat pun bisa Anda hindari di masa depan.  

3. Obat Palsu

Mendapatkan obat palsu adalah kelemahan usaha apotek yang krusial dan perlu Anda waspadai. Terdapat hingga 10% dari obat yang beredar merupakan obat palsu. Kemungkinan ini memang kecil dengan kehadiran Pedagang Besar Farmasi seperti Mandira.

Tetapi, Anda tetap harus waspada karena tidak ada yang menjamin apotek bebas 100% dari obat palsu.   

4. Kesulitan Manajemen Persediaan 

Persediaan di apotek umumnya adalah produk sediaan farmasi. Misalnya, susu, vitamin, suplemen, serta alat kesehatan. Produk-produk tersebut cukup rentan serta berkaitan dengan kesehatan masyarakat. 

Jika tidak memiliki tenaga ahli farmasi, maka manajemen persediaan akan lebih sulit. Maka dari itu, penting untuk mempekerjakan ahli farmasi pada apotek. 

5. Pencurian Obat

Banyak obat-obatan di apotek yang berharga tinggi. Ini menjadi celah pencurian obat, terutama oleh karyawan sendiri. Sebaiknya, Anda rutin stock opname agar meminimalkan risiko kecurangan karena pencurian. 

Peluang Usaha Apotek

Mengingat obat termasuk kebutuhan primer masyarakat, maka usaha apotek memiliki peluang yang besar seperti:

1. Peningkatan Omzet

Apabila Anda kelola dengan tepat, maka omzet penjualan apotek akan terus meningkat seiring peningkatan kebutuhan obat. Usaha apotek juga bertumbuh melebihi 9% per tahun pada berbagai negara. Jadi, apotek adalah bisnis jangka panjang dengan peluang besar.

2. Waralaba Apotek

Skema franchise atau waralaba juga dapat diterapkan pada apotek. Terutama bila merek apotek Anda sudah memiliki nama besar. Peluang franchise sukses pun akan meningkat.

3. Digitalisasi Apotek

Kini, teknologi seperti software apotek menjadikan operasionalnya lebih efisien. Selain biaya operasional dapat ditekan, penjualan apotek pun berpeluang meningkat.

Salah satu kelemahan usaha apotek adalah obat palsu. Itulah mengapa, penting untuk mendapatkan obat dari distributor terpercaya seperti Mandira. Ketahui Alur Pengadaan Obat dari PBF Mandira Distra yang Aman 

Sebagai Pedagang Besar Farmasi, Mandira menerima bulk buying obat dan bersedia mengirimnya ke seluruh Indonesia. Mulai kerja sama dengan distributor obat Mandira Distra Abadi untuk memenuhi kebutuhan pengadaan obat di apotek, klinik atau rumah sakit Anda.

Distributor obat Mandira Distra Abadi telah dipercaya selama 31 tahun untuk memenuhi kebutuhan obat apotek, pedagang besar farmasi, hingga rumah sakit. Mandira Distra Abadi merupakan Pedagang Besar Farmasi (PBF) yang bekerja sama dengan perusahaan produsen obat kenamaan, kunjungi laman prinsipal untuk melihat ragam obat dari prinsipal kami. Kami menerima pengiriman ke seluruh Indonesia. 

Hubungi kami untuk informasi selengkapnya terkait obat yang tersedia dan dapatkan penawaran terbaik. Anda juga dapat mempelajari beragam informasi terkini seputar kesehatan dan tips operasional apotek melalui laman blog kami.