...

Mencari cara memutihkan mata kaki yang hitam? Tenang, Anda tidak sendirian. Mungkin Anda pernah merasa kurang percaya diri saat ingin memakai sandal favorit atau saat bersantai di tepi pantai.

Hal ini sebenarnya umum terjadi dan banyak orang menghadapi masalah serupa. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Dengan perawatan yang konsisten, Anda bisa mendapatkan kembali warna natural dan cerah pada mata kaki. Bahkan, Anda mungkin juga dapat Mengatasi Mata Ikan di Telapak Kaki dengan perawatan tersebut.

Jika Anda memerlukan obat atau vitamin untuk resep dokter, dapatkan produk Anda dari Mandira, distributor obat tepercaya untuk mendapatkan produk yang terjamin kualitasnya.

Penyebab Mata Kaki Hitam

cara memutihkan mata kaki yang hitam Mandira Distra Distributor Obat

Sebelum membahas cara memutihkan mata kaki yang hitam, pahami dulu penyebab dari kondisi ini. Mata kaki yang berwarna hitam bisa menyerupai kutil yang telah mengeras dan kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia.

Menurut data dari Mayo Clinic, hal ini sering disebut sebagai verrucae warts, yang disebabkan oleh infeksi human papillomavirus atau HPV. Beberapa tipe HPV cenderung berkembang di area yang basah dan hangat, misalnya pada lantai yang tergenang air.

Bahkan, genangan air di kolam renang bisa menjadi tempat yang ideal bagi HPV. Virus ini mudah menyebar melalui kontak langsung, terutama jika ada luka kecil di kulit. Faktor lain yang bisa menyebabkan mata kaki menghitam adalah pemakaian sepatu yang kurang tepat.

Cara Memutihkan Mata Kaki yang Hitam

cara memutihkan mata kaki yang hitam Mandira Distra Distributor Obat

Terdapat 6 cara alami yang bisa mengembalikan warna cerah pada mata kaki Anda. Berikut penjelasannya.

1.    Garam Epsom

Garam Epsom bukanlah garam dapur biasa yang digunakan untuk memasak. Asalnya dari daerah Epsom di Surrey, Inggris. Jenis garam ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Salah satu kegunaannya adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan memberikan kelembapan pada kulit.

Untuk mengembalikan warna pada mata kaki yang menghitam, Anda bisa merendam kaki dalam air hangat yang telah dicampur dengan garam Epsom. Selain itu, garam ini juga mengandung magnesium sulfat yang bermanfaat untuk kulit.

2.    Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit. Cara memutihkan mata kaki yang hitam ini digunakan untuk mata kaki. Anda bisa menggunakan scrub badan yang mengandung asam glikolat atau asam laktat.

Scrub ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Saat mengaplikasikan scrub, lakukan dengan gerakan memutar dan biarkan beberapa menit sebelum dibilas.

3.    Produk Pencerahan Kulit

Ada banyak produk pencerah kulit (skin brightening products) di pasaran, tetapi yang terpenting adalah cara Anda mengaplikasikannya.

Setelah mandi adalah waktu yang tepat untuk mengoleskan krim pencerah karena kulit masih lembap dan dapat menyerap produk dengan baik. Pilih produk yang mengandung vitamin B3 untuk hasil optimal.

4.    Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Menggunakan minyak ini pun dapat membantu melembapkan dan mencerahkan kulit. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada mata kaki yang hitam secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5.    Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat asam yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Anda bisa mencampur cuka apel dengan air dan menggunakannya sebagai toner untuk mata kaki. Namun, pastikan untuk selalu mencuci kaki setelahnya agar kulit tidak menjadi terlalu kering.

6.    Ekstrak Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai komponen pemutihan alami. Sifat pemutih di dalamnya termasuk membantu mencerahkan dan membersihkan kulit. Anda bisa mengoleskan ekstrak lemon pada mata kaki yang hitam secara rutin untuk membantu mencerahkannya.

Namun, ingatlah untuk selalu menggunakan tabir surya jika Anda keluar rumah setelah mengaplikasikan lemon, karena kandungan asam dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

7. Lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan pencerah kulit. Oleskan gel lidah buaya segar ke kaki Anda dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

8. Kentang

Kentang mengandung enzim yang dapat membantu mencerahkan kulit. Parut kentang dan oleskan pada kaki Anda selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Cara memutihkan mata kaki yang hitam di atas memerlukan kesabaran dan konsistensi. Jadi, rutinlah menerapkan cara yang Anda pilih untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya, membersihkan kulit dengan benar, dan konsumsi Vitamin C untuk Kesehatan Kulit.

Sebagai tambahan, jika Anda membutuhkan suplemen, vitamin, atau obat-obatan tertentu, kunjungi Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini.

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.