Jenis makanan tertentu dapat menentukan apakah gula darah meningkat atau menurun.

Memahami cara mengurangi gula darah itu penting. Karena hiperglikemia ini menyebabkan penyakit diabetes. Buruknya lagi adalah setiap orang bisa mengalami kadar gula darah yang tinggi tanpa memandang usia dan gender.

Hal tersebut bisa terjadi bila seseorang mengalami masalah dengan pankreas (hormon insulin). Jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan dehidrasi berat dan koma. Maka dari itu solusinya gula darahnya harus normal.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Diabetes Makan Nasi Putih? Berikut Faktanya

Masalah ini bisa mempengaruhi siapa saja dan sebenarnya bukan masalah besar asalkan kadar gula berada dalam batas normal. Karena tubuh biasanya memperbaikinya sendiri dengan memproduksi hormon insulin. 

Cara untuk Mengurangi Gula Darah

Sebenarnya ada banyak solusi untuk mengatasi masalah hiperglikemia. Untuk itu bila Anda mengalami kejadian serupa, sebaiknya simak panduan mengurangi masalahnya di bawah ini agar masalah bisa segera terselesaikan dengan mudah.

1. Minum Air Mineral

Cobalah konsumsi air minum yang cukup untuk menjaga kinerja tubuh tetap optimal dan menurunkan masalah hiperglikemia secara alami. Karena cairan bisa membuat kinerja ginjal lancar untuk menyaring gula darah berlebihan.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Cara mengurangi gula darah selanjutnya adalah konsumsi makanan berserat. Hal ini membantu proses penyerapan gula dan karbohidrat dapat ditekan dan peningkatan gula darah semakin melambat. Makanan ini meliputi ubi, pir, wortel, alpukat.

3. Berat Badan Ideal

Pastikan berat tubuh berada dalam batasan ideal. Karena obesitas memicu terjadinya resistensi insulin. Akibatnya insulin menjadi tidak aktif melakukan kerjanya dalam memasukkan gula ke sel. Karenanya, bisa terjadi masalah hiperglikemia.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga rutin juga termasuk salah satu cara mengurangi gula darah yang efektif. Hal ini menyebabkan sensitivitas insulin meningkat dan sel tubuh bekerja dengan baik dalam mengurangi kadar yang berlebihan. Contoh olahraganya yaitu bersepeda.

5. Atur Kadar Karbohidrat

Karbohidrat berlebihan bisa menyebabkan diabetes karena merupakan sumber gula alami. Maka dari itu jaga asupannya dan jangan berlebihan agar gula tidak naik dalam tubuh. Caranya jangan konsumsi cemilan berbahan tepung.

Jenis Makanan Penyebab Kenaikan Gula Darah yang Harus Dihindari

Ada banyak makanan yang wajib dihindari sebagai cara mengurangi gula darah secara alami. Maka dari itu penderita diabetes wajib menghindari beberapa makanan dibawah ini supaya lebih sehat. Berikut jenis makanannya:

1. Makanan Karbohidrat Tinggi

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi harus dihindari. Karena bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Beberapa makanan yang harus dibatasi meliputi nasi putih, pasta, tepung terigu, kentang goreng, dan roti.

2. Makanan Berlemak 

Cara mengurangi gula darah lainnya bisa dilakukan dengan menghindari makanan yang mengandung lemak trans dan jenuh tinggi. Keduanya dapat meningkatkan kolesterol dan hiperglikemia yang berisiko menyebabkan penyakit diabetes lebih tinggi.

3. Buah Kalengan dan Kering

Berbagai macam buah kalengan dan kering itu juga wajib dihindari. Misalnya seperti anggur dan kismis kering. Selain itu, hindari juga buah beku dan kalengan yang dibuat menjadi jus serta smoothies.

4. Makanan Manis

Makanan manis juga harus dihindari karena bisa meningkatkan gula darah. Jenis makanan ini meliputi es krim, martabak manis, kukis, cemilan kemasan, dan puding. Ini sangat tinggi kalori sehingga juga memicu obesitas.

Tidak jarang bila beberapa jenis makanan di atas terkadang dapat beresiko mengalami peningkatan resistensi insulin karena ada kandungan pemanis buatannya sehingga bisa menyebabkan terjadinya diabetes tipe 2.

Selain harus memperhatikan cara di atas, jangan lupa hindari makanan penyebabnya. Hal ini bertujuan agar keduanya efektif dijadikan sebagai cara mengurangi gula darah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh supaya menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.