Arti logo apotek adalah hal yang jarang diketahui oleh masyarakat awam. Logo bergambar ular dan mangkuk tersebut digunakan dalam industri apotek secara internasional. Lebih tepatnya, logo tersebut memperlihatkan ular yang sedang melilit pada sebuah mangkok. 

Logo tersebut tentu menarik untuk dibahas. Terlebih mengetahui kaitannya dengan makna apotek sebagai sarana mendapatkan obat bagi masyarakat umum. Untuk Anda yang tertarik dalam dunia farmasi dan ingin memiliki bisnis Apotek, dapat mengikuti Tips Membuka Bisnis Apotek ini. 

Asal Usul Arti Logo Apotek

Terkenal sebagai ‘Mangkuk Hygieia’, logo apotek yang berlaku secara internasional ini memiliki berbagai makna simbolis. Seperti simbol penyembuhan, simbol dokter, hingga simbol kebangkitan. Ketahui bagaimana asal usulnya di bawah ini: 

1. Berawal dari Mitologi Yunani

Asal usul logo apotek adalah Dewa Yunani yang bernama Aesculapius. Dewa tersebut juga dikenal sebagai Asclepius. Dewa Aesculapius memelihara ular dengan kemampuan menyembuhkan penyakit. 

Begitu pula masyarakat yang berada di bawah pimpinan Dewa Aesculapius. Mereka sangat percaya pada ular, sebab menganggap ular dianugerahi kemampuan menyembuhkan penyakit.

2. Ular Diilustrasikan sebagai Penyembuh

Ular yang dipelihara oleh Dewa Aesculapius tersebut ternyata sangat masyarakat butuhkan. Ini mengingat kemampuannya yang bisa menyembuhkan penyakit mematikan. Itulah yang membuat ular diilustrasikan sebagai penyembuh. Sejak saat itu, simbol penyembuhan atau simbol obat menggunakan seekor ular. 

3. Mangkuk Kepunyaan Putri dari Dewa Aesculapius

Pada masa Yunani Kuno, Dewa Aesculapius memiliki putri yang bernama Hygieia. Putri tersebut adalah seorang dewi sanitasi, kebersihan, dan kesehatan. Ketika mengobati masyarakat, Hygieia sering menggunakan benda berupa mangkuk.

Selain Hygieia, Dewa Aesculapius memiliki empat orang putri lain. Ada Iaso, Aglaea, Aceso, serta Panacea. Masing-masing memiliki peran serupa seperti Hygieia. Iaso merupakan dewi penyembuhan. Lalu, Aglaea adalah dewi yang memancarkan kesehatan.

Kemudian, Aceso merupakan dewi untuk kesejahteraan dan proses penyembuhan. Sedangkan, Panacea adalah dewi penyembuhan dan kesehatan universal dengan spesialisasi obat mujarab seperti salep. 

Sekian banyak anak perempuan dari Dewa Aesculapius, Hygieia terpilih menjadi penerus Dewa Aesculapius. Itulah mengapa, ciri khas Hygieia sebagai dewi sanitasi yang berupa mangkuk turut menjadi simbol untuk tempat penjualan obat bersama dengan simbol ular.

Adapun kata ‘higienis’ kemungkinan besar berawal dari nama Dewi Hygieia. Maka dari itu, kata tersebut bermakna dan merujuk pada kebersihan. 

Makna Simbolis Logo Apotek

Setelah memahami arti logo apotek, Anda pun perlu mengetahui berbagai makna simbolisnya berikut ini:

1. Simbol Penyembuhan

Mangkuk Hygieia mengandung bejana atau cangkir dengan isi ramuan penyembuh. Pada mitologi Yunani, ramuan tersebut digunakan oleh Hygieia untuk menyembuhkan ular pada kuil sang ayah. Hal tersebut menjadikan logo apotek dikaitkan dengan simbol penyembuhan.

2. Simbol Hidup dan Mati

Ular dipercaya oleh banyak praktisi pada zaman Yunani Kuno sebagai lambang hidup dan mati. Sebab, ular bisa bebas dari penyakit. Kemudian, bisa menjadi sehat kembali atau kemudian mati.

3. Simbol Kebangkitan

Pada Mangkuk Hygieia, ular dilambangkan sebagai simbol kebangkitan, penyembuhan, serta pembaruan. Selayaknya ketika ular melepaskan kulit lamanya yang kotor. Begitu pula ketika tubuh membersihkan diri dari kondisi sakit. Lalu, memulihkan kondisinya menjadi sehat sepenuhnya. 

Ular dianggap sebagai dokter yang dapat menyelamatkan pasien. Praktisi pada zaman Yunani Kuno tidak dapat menjamin obat-obatan akan menyembuhkan penyakit. 

Demikian asal usul dan arti logo apotek yang menarik untuk Anda ketahui. Sebagai pemilik bisnis apotek, Anda dapat mengetahui 5 Cara Meningkatkan Omset Apotek yang Dapat Dilakukan

Pastikan juga Anda memilih distributor obat yang tepat bagi apotek Anda. Mulai kerja sama dengan distributor obat Mandira Distra Abadi untuk memenuhi kebutuhan pengadaan obat di apotek, klinik atau rumah sakit Anda.

Distributor obat Mandira Distra Abadi telah dipercaya selama 31 tahun untuk memenuhi kebutuhan obat apotek, pedagang besar farmasi, hingga rumah sakit. Mandira Distra Abadi merupakan Pedagang Besar Farmasi (PBF) yang bekerja sama dengan perusahaan produsen obat kenamaan, kunjungi laman prinsipal untuk melihat ragam obat dari prinsipal kami. Kami menerima pengiriman ke seluruh Indonesia. 

Hubungi kami untuk informasi selengkapnya terkait obat yang tersedia dan dapatkan penawaran terbaik. Anda juga dapat mempelajari beragam informasi terkini seputar kesehatan dan tips operasional apotek melalui laman blog kami.