...

Dari awal masa kehamilan hingga menyusui anak, terdapat banyak tindakan yang perlu ibu lakukan untuk menjamin kesehatan diri dan anak, seperti dengan mengkonsumsi Makanan Wajib untuk Nutrisi Awal Kehamilan Bagi Ibu. Meskipun demikian, terdapat juga kondisi yang bisa saja terjadi tanpa diduga seperti Mastitis, salah satu permasalahan di bagian payudara yang seringkali menjadi masalah bagi wanita. Umumnya mastitis dialami oleh ibu yang sedang dalam masa menyusui. Karenanya, penting bagi orang tua, terutama ibu sendiri, untuk mengerti ciri-ciri mastitis.

jadi, apa saja berbagai ciri-ciri mastitis yang sebaiknya diwaspadai oleh wanita, terlebih ibu menyusui yang terbilang rentan terhadap penyakit ini. Sebenarnya, apa itu mastitis? Lalu, apa saja cara untuk mengatasinya? 

Simak penjelasan berikut agar Anda bisa mewaspadai permasalahan pada payudara yang satu ini!

Mengenal Apa Itu Mastitis?

Beberapa permasalahan yang dapat menyerang bagian payudara salah satunya yaitu mastitis. Penyakit yang satu ini merupakan sebuah infeksi yang menyerang jaringan di dalam payudara. 

Bagian yang diserang bisa jadi hanya satu sisi payudara, namun bisa juga terjadi di kedua sisinya. Permasalahan ini biasanya rentan dialami oleh ibu yang baru memulai masa menyusui dengan kisaran 6 sampai 12 minggu pertama menyusui.

Selain rentan diderita oleh ibu menyusui, penyakit ini juga bisa dimiliki oleh orang yang melakukan penindikan di bagian puting, perokok, atau yang memiliki implan payudara. Penderita beberapa jenis penyakit juga memiliki risiko tinggi menderita kondisi ini, misalnya penderita penyakit autoimun, eksim, penyakit kulit kronis, dan diabetes.

Umumnya masalah ini tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan. Meskipun demikian, Anda tetap perlu melakukan berbagai pengobatan untuk membuat kesehatan payudara kembali membaik. Berikut adalah ciri-ciri mastitis yang perlu Anda waspadai.

Ciri-ciri Mastitis pada Ibu Menyusui

Jika dilihat dari ciri-cirinya, sebagian dari gejala mastitis memiliki kemiripan dengan gejala kanker atau berbagai jenis penyakit peradangan seperti flu. Berikut penjelasannya.

1. Merah dan Bengkak pada Payudara

Ciri-ciri mastitis yang dapat Anda ketahui adalah munculnya area bengkak dan berwarna merah. Ketika payudara disentuh, maka area ini akan terasa sakit dan panas.

2. Penebalan Jaringan atau Benjolan pada Payudara

Ada berbagai penyebab munculnya penebalan jaringan atau benjolan pada payudara, termasuk gejala mastitis. Penebalan jaringan atau benjolan ini muncul karena terdapat penebalan di bagian kelenjar ASI, sehingga benjolannya menjadi terasa.

3. Rasa Sakit Saat Menyusui

Ciri-ciri mastitis lainnya yaitu munculnya rasa sakit ketika sedang menyusui. Secara umum, rasa nyeri dapat timbul dari puting susu ketika ditarik oleh mulut bayi. Durasinya berlangsung sekitar 30 sampai 60 detik dan rasa sakit tersebut biasanya akan mereda. Namun apabila timbul rasa sakit yang terjadi secara terus menerus atau tidak wajar, hal tersebut sebaiknya segera Anda periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat.

4. Keluar Cairan Putih pada Payudara

Keluarnya cairan dari payudara sebenarnya bisa jadi merupakan hal yang umum dan normal. Meskipun demikian, jika payudara mengeluarkan cairan putih atau cairan yang mengandung garis-garis darah, segera periksakan ke dokter karena hal tersebut juga merupakan merupakan gejala mastitis.

5. Memiliki Gejala Demam

Ciri-ciri mastitis juga memunculkan gejala demam hingga mencapai 37,5 derajat celcius dan tubuh akan merasa meriang.

Selain itu, demam juga mungkin diikuti dengan gejala pegal-pegal, kelelahan, dan kedinginan, kemudian diikuti dengan adanya rasa nyeri di bagian payudara.

6. Memiliki Abses Payudara

Apabila penderita mastitis tidak segera menanganinya, maka bisa jadi terbentuk abses payudara, yakni gejala penumpukan nanah di bagian payudara. Kondisi ini umumnya dapat membuat kulit menjadi merah dan bengkak. Jika disentuh, maka akan terasa sakit dan hangat.

Atasi Mastitis dengan Pengobatan Rumah 

Untuk mengatasi mastitis, ada berbagai pengobatan awal yang yang bisa dilakukan dari rumah. Anda dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa mengurangi berbagai gejala mastitis secara mandiri. 

Berikut adalah beberapa cara mengatasi mastitis secara alami, terutama untuk ibu yang sedang menyusu.

  • Pastikan tidak kekurangan cairan dan minumlah air dalam jumlah yang cukup.
  • Jika memungkinkan, perbanyak waktu untuk istirahat.
  • Menyusui setiap dua jam sekali atau bisa juga lebih sering. Ini dapat memicu supaya ASI tetap mengalir. Selain itu, Anda juga dapat memompa payudara untuk mengeluarkan ASI.
  • Ganti posisi menyusui secara berkala.
  • Kompres bagian mastitis secara rutin setiap beberapa jam sekali, atau bisa juga dengan mandi air hangat.
  • Pijat area payudara dengan gerakan memutar, dimulai dari bagian luar lalu menuju ke arah dalam.
  • Perhatikan cara berpakaian, pilih bra dan pakaian yang tidak terlalu ketat.
  • Setelah menyusui, kompres payudara dengan air dingin. Hal ini bisa berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul.

Untuk membantu penanganan mastitis, Anda juga dapat mengkonsumsi Vitamin C atau obat pereda nyeri dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini.Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini.

Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.