Diabetes di usia muda bukan hal yang mustahil. Di Indonesia sendiri, diabetes menjadi salah satu penyakit umum yang kerap terjadi. Hal ini dikarenakan faktor kelebihan berat badan, pola hidup tidak sehat (merokok dan minum minuman beralkohol), konsumsi gula berlebih, dan makanan siap saji yang semakin mudah diakses di masa ini.

Untuk mencegahnya, terdapat banyak hal yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan mempelajari hal-hal penting seperti bagaimana diabetes dapat terjadi, Bolehkah Penderita Diabetes Makan Nasi Putih, cara-cara pencegahannya, dan lain-lain. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai penyakit diabetes dan bagaimana cara pencegahannya.

Penyebab Umum Penyakit Diabetes di Usia Muda

Jika dahulu diabetes umumnya terjadi pada mereka yang usia 40-an ke atas, saat ini di usia remaja pun bisa terkena diabetes. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit diabetes. 

Ada yang karena pola konsumsi dan gaya hidup, ada juga faktor genetik yang membuat resiko diabetes juga meningkat. Berikut daftar penyebab diabetes yang terjadi pada anak muda:

  • Mengalami obesitas atau berat badan berlebih
  • Terbiasa mengkonsumsi junk food berlebihan
  • Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
  • Tidak pernah berolahraga
  • Faktor keturunan dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat diabetes
  • Riwayat akan adanya diabetes gestasional
  • Kolesterol yang tinggi
  • Pernah memperoleh diagnosis prediabetes oleh dokter.

5 Upaya untuk Mencegah Diabetes Saat Muda

Diabetes di usia muda dapat dicegah dengan cara-cara yang telah kami rangkum di bawah ini. Dengan melingkupi cara-cara berikut dalam kebiasaan Anda, potensi diabetes dapat dikurangi sejak dini.

1. Pola Konsumsi yang Sehat

Upaya pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah pola konsumsi menjadi lebih sehat dan berimbang. Kurangilah makanan dengan lemak dan kadar gula yang tinggi dan tambahkan porsi makanan berserat serta protein nabati. 

Apabila Anda sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan kalengan berlebih, sebaiknya mulai menguranginya dan mengganti dengan makanan rumah yang bergizi. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah.  Anda bahkan bisa juga mulai mengganti nasi putih dengan nasi merah, jagung, atau ubi. 

2. Mengontrol Berat Badan

Berat badan yang tidak terkendali merupakan awal obesitas. Upayakan untuk menjaga agar berat badan ideal Anda dengan melakukan diet dan olahraga teratur. 

3. Rajin Berolahraga

Selagi masih berada di usia yang muda, manfaatkan waktu luang dan stamina untuk berolahraga. Buat tubuh Anda bergerak dengan cukup sehingga tubuh bisa melemaskan otot dan meningkatkan kemampuannya dalam menyerap insulin serta glukosa.

4. Mendapatkan Tidur yang Cukup

Kebanyakan anak muda masih memiliki energi yang prima dan bahkan kuat begadang hampir setiap hari. Hal ini mungkin akan terasa baik-baik saja, namun dampak negatifnya akan muncul bertubi-tubi begitu tubuh memasuki usia dewasa muda. Dengan demikian, setiap orang hendaknya memperoleh jam tidur yang cukup. 

5. Batasi Konsumsi Rokok dan Alkohol

Sebaiknya Anda juga mulai mengurangi atau bahkan jika bisa menghentikan konsumsi pada rokok dan alkohol. Zat dalam rokok bisa merusak pankreas Anda, yakni organ yang memiliki sel dengan tugas memproduksi insulin. Rusaknya pankreas akan meningkatkan risiko Anda mengalami diabetes dengan drastis.

Selain dari cara-cara pencegahan, penderita diabetes juga dapat mengkonsumsi vitamin, obat alami, resep dokter, hingga 11 Jenis Obat Diabetes yang Umum Disarankan Dokter. Untuk vitamin dan suplemen tubuh dapat Anda dapatkan dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini.

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.