...

Kulit adalah organ tubuh yang paling luas dan mudah terlihat. Selain berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai macam bahaya, kulit juga dapat menjadi media penularan penyakit. Penyakit kulit menular adalah penyakit yang dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung atau tidak langsung.

Oleh sebab itu, pengetahuan terhadap berbagai penyakit kulit yang bisa menular penting untuk diasosiasikan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Jika Anda penasaran mengenai pengetahuan tersebut, maka simak ulasan di bawah ini. Namun sebelum itu, Anda juga dapat mengetahui Penyakit Peradangan Kulit: Gejala, Penyebab dan Jenisnya. Jika membutuhkan obat atau suplemen sesuai dengan resep dokter, Anda dapat memperolehnya dari Mandira, salah satu distributor obat terpercaya di Indonesia.

7 Jenis Penyakit Kulit Menular dan Penanganannya

Sebagai lapisan terluar kulit, terdapat banyak hal yang dapat terjadi pada kulit manusia. Salah satunya adalah penyakit yang sebagian diantaranya bisa menular ke orang-orang sehat lainnya. Berikut tujuh contohnya.

1. Cacar Air

Penyakit pertama yang tergolong menular adalah cacar air. Cacar air sering diderita oleh anak-anak. Namun tak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalaminya.

Penyebab cacar air adalah virus Varicella zoster. Jika terinfeksi virus ini, maka tubuh akan menimbulkan berbagai gejala. Salah satunya adalah timbulnya lepuhan berisi cairan yang terasa gatal.

Cacar air dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-3 minggu. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan gejalanya, yaitu:

  • Berikan obat anti gatal untuk mengurangi rasa gatal.
  • Oleskan krim atau salep antiseptik untuk mencegah infeksi.
  • Mandi dengan sabun dan air hangat untuk membersihkan kulit.

2. Cacar Api

Penyebab cacar api adalah virus yang sama dengan cacar air, yaitu Varicella zoster. Bedanya, cacar api timbul saat virus cacar air yang ada di dalam tubuh hidup lagi karena turunnya imunitas tubuh.

Bagaimanapun juga, gejala yang ditimbulkan oleh cacar api sedikit berbeda dengan cacar air. Hal ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pada area kulit yang memiliki lepuhan. Selain itu, ada juga rasa nyeri dan terbakar di sekitarnya.

Cacar api dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-4 minggu. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan gejalanya, yaitu:

  • Berikan obat anti gatal untuk mengurangi rasa gatal.
  • Oleskan krim atau salep antiseptik untuk mencegah infeksi.
  • Gunakan kompres dingin untuk meredakan nyeri dan pembengkakan.

3. Kudis

Kudis merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan tungau dengan spesies  Sarcoptes scabiei. Gejala infeksi baru muncul setelah dua sampai enam minggu yang ditandai dengan adanya lepuhan seperti jerawat namun bersisi yang menimbulkan rasa gatal.

Sayangnya, penyakit ini bersifat sangat menular. Tetapi demikian, kudis dapat disembuhkan jika diatasi dengan baik. Kudis dapat disembuhkan dengan obat antiparasit. Obat ini harus dioleskan ke seluruh tubuh, termasuk area kulit yang tidak terdapat gejala.

4. Herpes Simpleks 

Herpes simpleks merupakan penyakit yang timbul karena infeksi virus. Umumnya, herpes simpleks lebih sering menyerang anak-anak daripada orang dewasa.

Gejala penyakit kulit menular ini adalah timbulnya luka pada mulut. Selain itu, penyakit ini juga mempunyai gejala yang mirip dengan flu, seperti demam, mual, pusing, hingga sulit untuk menelan.

Herpes simpleks dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan gejalanya, yaitu:

  • Berikan obat antivirus untuk mempersingkat durasi gejala.
  • Oleskan krim atau salep antiseptik untuk mencegah infeksi.
  • Hindari menyentuh atau menggaruk luka herpes.

5. Kurap

Kurap adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur, yakni microsporum, trichophyton,  dan epidermophyton. Jamur tersebut dapat menginfeksi manusia setelah terkena kontak kulit dengan hewan, benda yang terkontaminasi, dan manusia lain yang sedang menderita penyakit ini.

Jika terinfeksi, maka ruam berbentuk cincin akan terlihat pada kulit. Ruam ini bisa menyebar ke area kulit lainnya jika tidak diatasi dengan baik. Tak hanya membuat penampilan menurun saja, ruam ini juga bisa menimbulkan sensasi gatal.

Kurap dapat disembuhkan dengan obat antijamur. Obat ini harus dioleskan ke area kulit yang terdapat ruam selama minimal 2 minggu.

6. Kutil 

Kutil disebabkan oleh virus HPV (Human papillomavirus) pada lapisan atas kulit sehingga membuatnya bertumbuh secara berlebihan. Oleh sebab itu, kutil akan terlihat sepeti benjolan kecil di atas kulit.

Kutil pun dapat menular akibat adanya kontak kulit dengan penderita. Selain itu, barang-barang yang telah disentuh penderita dengan kutil tersebut juga bisa menjadi media penularan. 

Kutil dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan hingga beberapa tahun. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan, yaitu:

  • Mengoleskan krim atau salep asam salisilat atau asam trikloroasetat.
  • Melakukan pembekuan kutil dengan nitrogen cair.
  • Melakukan terapi laser untuk menghancurkan kutil.

7. Infeksi Jamur

Infeksi jamur adalah salah satu penyakit kulit yang bisa menular dengan cepat. Umumnya jamur akan tumbuh di bagian kulit yang tidak bersih dan lembap, seperti ketiak, area kelamin, lipatan paha, dan sela-sela jari. Penyakit ini pun bisa menimbulkan sensasi gatal.

Infeksi jamur dapat sembuh dengan obat antijamur. Obat ini harus dioleskan ke area kulit yang terdapat ruam selama minimal 2 minggu. 

Berbagai penyakit kulit menular di atas harus diatasi dengan baik agar tidak bertambah parah dan membuat orang lain sakit. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan kulit, Kenali 5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan KulitJika Anda membutuhkan berbagai obat tertentu atau suplemen, bisa didapatkan dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini dan membaca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini.