Penderita diabetes memang sebaiknya lebih memperhatikan pola makan agar tidak memperparah penyakit tersebut. Sebaiknya, Anda mengetahui berbagai jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. 

Selain itu, ketahui juga 5 Manfaat Suplemen Keluarga Penderita Diabetes Keturunan. Anda juga dapat memperoleh suplemen dan obat sesuai resep dokter untuk diabetes dari Mandira, salah satu distributor obat terpercaya di Indonesia.

10 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Berikut adalah 10 makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes. Anda dapat menambahkan rekomendasi makanan ini dalam menu andalan sehari-hari.

1. Jagung

Sebagai salah satu sumber karbohidrat, jagung memiliki kadar gula yang terbilang cukup rendah, sehingga cocok untuk menjadi pengganti nasi.

Jika melihat dari penjelasan Harvard Medical School, jagung memiliki indeks glikemik (IG) sebesar 46 untuk setiap 100 gram-nya. Hal ini sangat jauh dengan IG dari nasi putih yaitu sebesar 29 untuk setiap 150 gram.

2. Biji-bijian

Kedua, ada biji-bijian yang rendah serat dan dapat berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh, sesuai dengan penjelasan dalam penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition.

3. Ubi Jalar

Selanjutnya, ada ubi jalar yang juga memiliki kadar IG rendah dan cocok untuk menjadi sumber karbohidrat bagi penderita diabetes, yaitu sebesar 44 untuk ubi jalar rebus. Kadar IG tersebut bahkan lebih kecil dari kentang rebus yang memiliki IG sebesar 80.

4. Brokoli

Jika mengutip dari jurnal Science Translational Medicine, maka telah dijelaskan bahwa brokoli dapat menurunkan kadar gula darah untuk para penderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh berbagai kandungan kimia yang terdapat pada jenis sayuran hijau seperti brokoli.

5. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan salah satu makanan sehat yang cocok dikonsumsi penderita diabetes karena spinitol yang dapat meningkatkan jumlah reseptor insulin yang dihasilkan dalam tubuh. Dengan jumlah konsumsi yang tepat, kacang kedelai dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam penelitian dari University of Massachusetts Amherst yang dilakukan oleh Young-Cheul.

6. Tahu

Tahu merupakan salah satu lauk sehat yang berasal dari bahan kacang kedelai, sehingga sangat cocok untuk sumber protein bagi penderita diabetes. Penelitian dari Universitas Sebelas Maret juga menemukan hasil yang serupa.

7. Telur

Sumber protein lainnya yang juga dapat dikonsumsi yaitu telur, namun jumlah asupannya tetap harus dibatasi. Salah satu artikel Medical News Today, studi yang terbit di NCBI pada 2018, juga menemukan bahwa telur baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

8. Alpukat

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes selanjutnya yaitu buah alpukat. Buah yang satu ini mengandung banyak nutrisi dan bahkan bisa menjadi pengganti karbohidrat, namun pastikan tidak mengonsumsinya berlebihan. Salah satu artikel Medical News Today pada 2018 lalu juga menyatakan bahwa alpukat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

9. Daging Tanpa Lemak

Selanjutnya, ada daging tanpa lemak yang merupakan protein hewani rendah kalori. Anda dapat mengkombinasikannya dengan berbagai sayuran segar, sehingga gizinya lebih seimbang. American Diabetes Association (ADA) juga menyatakan bahwa daging ini aman bagi penderita diabetes selama dikonsumsi dengan sehat.

10. Minyak Zaitun

Indeks Glikemik minyak zaitun juga terbilang cukup rendah, sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk melengkapi menu diet sehat. Gula darah dapat lebih terkendali jika Anda mengonsumsi bahan makanan yang satu ini. Salah satu penelitian dari Universitas Diponegoro juga menemukan bahwa minyak zaitun dapat membantu menormalkan kadar gula penderita diabetes.

Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Diabetes

Setelah mengetahui berbagai anjuran makanannya, sebaiknya Anda juga mengetahui macam-macam pantangan makanan bagi penderita diabetes. Inilah daftar makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda ingin lebih menjaga kadar gula darah di dalam tubuh:

  • Karbohidrat dengan kadar gula yang tinggi, misalnya nasi, roti putih, dan pasta
  • Yogurt rasa buah
  • Sereal yang mengandung pemanis
  • Makanan serta minuman kemasan
  • Makanan dan minuman dengan pemanis buatan
  • Minuman tinggi kalori, misalnya minuman bersoda dan susu cokelat
  • Makanan yang tinggi akan kadar garam, misalnya kerupuk, keripik, dan makanan yang diasinkan
  • Makanan yang digoreng dengan minyak berlebih
  • Daging tinggi lemak

Bagi penderita diabetes, berbagai daftar rekomendasi makanan di atas dapat menjadi informasi penting untuk menjaga makan. Selain itu, mengetahui Penyebab Diabetes di Usia Muda dan Cara Pencegahannya juga perlu. Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes pun sebenarnya bisa dijadikan menu sehat yang juga lezat, Anda bisa mencari berbagai resep pendukungnya. Selanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan obat (jika diperlukan) Anda dapat memperolehnya dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini dan membaca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini.