...

Kanker merupakan jenis penyakit mematikan yang bisa menyerang berbagai usia. Meski lebih identik dengan orang dewasa, kasus kanker pada anak juga masih sering ditemukan. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian bagi semua orang tua agar anak-anak mereka terhindar dari penyakit tersebut. 

Jenist penyakit kanker pada anak-anak sangatlah beragam. Cara penanganannya juga berbeda-beda tergantung kondisi masing-masing anak dan tingkat penyebaran kanker itu sendiri. Mari cari tahu lebih jauh lagi apa saja sebenarnya jenis kanker yang biasa menyerang anak-anak, seperti apa gejala dan penyebabnya, hingga langkah pengobatan yang bisa dilakukan. 

Untuk informasi tambahan Anda juga dapat mengetahui Cara Deteksi dan 4 Pemeriksaan Kanker Anak Sejak Dini, untuk tindakan preventif sebelum penyakit tersebut menyerang anak. Jika membutuhkan obat atau suplemen sesuai dengan resep dokter, Anda dapat memperolehnya dari Mandira, salah satu distributor obat terpercaya di Indonesia.

Jenis-Jenis Kanker pada Anak

Pada dasarnya ada banyak jenis penyakit memiliki potensi menyerang anak-anak, dan kanker sendiri terbagi menjadi beragam jenis. Berikut ini beberapa jenis kanker yang sering sekali dijumpai kasusnya pada usia anak-anak.

1. Retinoblastoma

Pertama ada retinoblastoma atau kanker yang menyerang organ mata. Kanker ini sangat sering dijumpai pada anak-anak khususnya di bawah usia 5 tahun. Ada beberapa gejala yang ditunjukkan oleh penyakit ini seperti mata juling, mata berwarna kemerahan, pembesaran bola mata, hingga muncul bercak putih pada mata. 

2. Leukemia

Selanjutnya ada leukemia atau kanker sel darah putih yang juga sering dijumpai pada anak-anak. Kanker leukimia itu sendiri ada bermacam-macam dan yang paling sering menyerang anak-anak adalah leukemia limfoblastik akut serta leukemia mieloid akut. 

3. Kanker Tulang

Banyak juga dijumpai kasus kanker tulang pada usia anak-anak. Salah satunya adalah untuk jenis kanker osteosarkoma dan kanker tulang sarkoma ewing. Penyakit ini umumnya memiliki gejala nyeri tulang yang cukup berat terutama di malam hari. 

4. Limfoma

Jenis kanker berikutnya yang sering menyerang anak-anak adalah limfoma atau kanker kelenjar getah bening. Kanker ini sering menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun dan dibedakan menjadi dua jenis yaitu limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin.

5. Neuroblastoma

Selanjutnya ada neuroblastoma yang menyerang jaringan saraf pada tubuh anak-anak. Ini merupakan jenis kanker langka yang ternyata penyebarannya cukup cepat. Biasanya akan menyebar ke tulang, kulit, dan kelenjar getah bening. 

6. Hepatoblastoma

Jenis kanker yang satu ini juga sering dijumpai pada anak. Hepatoblastoma adalah kanker yang menyerang organ hati dan sering dijumpai pada bayi hingga anak-anak usia 3 tahun. 

7. Kanker Otak

Kemudian ada juga kanker otak yang kasusnya cukup sering dijumpai pada anak-anak. Jenis kanker ini bisa menyerang bagian otak yang berbeda dan tingkat keparahannya sangat bervariasi. 

Gejala Kanker pada Anak

Pada dasarnya gejala penyakit kanker yang ditunjukkan oleh setiap anak berbeda-beda. Tentu saja gejala ini sangat dipengaruhi oleh jenis kanker yang menyerang. Namun ada beberapa jenis gejala umum yang bisa dipakai untuk mendeteksi penyakit kanker secara dini pada anak-anak. 

Orang tua harus tahu betul apa saja gejala atau perubahan umum yang terjadi untuk memaksimalkan potensi kesembuhan anak sebesar mungkin. Berikut adalah beberapa gejala kanker yang umum dijumpai pada anak-anak:

  • Penurunan berat badan secara drastis. 
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Perut membuncit tanpa penyebab pasti. 
  • Nyeri di bagian tangan atau kaku pada bagian tulang. 
  • Bengkak pada bagian tertentu tanpa ada riwayat trauma. 
  • Demam tanpa sebab yang jelas. 
  • Batuk yang terjadi terus-menerus atau menetap. 
  • Mudah muncul keringat di malam hari. 
  • Muncul benjolan tanpa ada alasan yang jelas. 
  • Sakit kepala yang terjadi terus-menerus atau menetap. 

Penyebab Terjadinya Kanker pada Anak

Munculnya kanker pada tubuh anak bisa terjadi karena beberapa penyebab tertentu, hal ini juga perlu dipahami agar orang tua bisa semakin waspada. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya penyakit kanker pada tubuh anak-anak:

1. Mutasi Gen

Sebagian besar kasus kanker yang dijumpai pada anak-anak terjadi karena adanya mutasi gen. Kondisi ini kemudian memicu pertumbuhan sel yang sulit untuk dikendalikan dan berakhir pada kanker. Biasanya perubahan genetik tersebut diturunkan dari orang tua atau bisa juga berkembang secara spontan. 

2. Paparan Radiasi

Selanjutnya ada faktor paparan radiasi yang juga bisa memicu terjadinya kanker. Sumber paparan radiasi ini bisa sangat bervariasi. Bahkan bisa terjadi mulai dari anak masih di dalam kandungan sang ibu. 

3. Faktor Lingkungan

Pengaruh kondisi lingkungan juga bisa saja menjadi pemicu kanker pada tubuh anak-anak. Apalagi jika kondisi lingkungan ini juga mengubah gaya hidup anak jadi kurang sehat. 

Pengobatan dan Pencegahan Kanker pada Anak

Tentunya proses pengobatan yang harus dijalani anak-anak penderita kanker sangat bervariasi. Tergantung pada jenis kanker yang mereka derita dan tingkat keparahannya. Umumnya dokter akan menyarankan terapi dan pengobatan untuk mengurangi semua gejala yang membuat tubuh anak semakin sakit atau lemah. 

Sementara itu untuk langkah pencegahannya sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari penerapan pola hidup yang sehat hingga kontrol kesehatan secara berkala. 

Penyakit kanker pada anak bisa saja sulit untuk dicegah apalagi jika sudah ada riwayat dari keluarga, salah satu pencegahan kanker yang baik yaitu dengan Mewaspadai Minuman dan Makanan Penyebab Kanker. Jika Anda membutuhkan berbagai obat tertentu atau suplemen, bisa didapatkan dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini dan membaca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini.