Diet seimbang menjadi cara yang ideal untuk menurunkan berat badan. Sebab, dalam diet ini diperlukan keseimbangan antara jumlah kalori yang masuk dan kalori keluar. Diet ini pun tidak akan membiarkan Anda kelaparan.

Justru, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang beragam agar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Lantas, bagaimana cara melakukan diet yang seimbang? 

Namun, sebelum lanjut ke dalam pembahasan Anda perlu Mengetahui 9 Makanan Rendah Kalori untuk Program Diet. Kemudian jika membutuhkan obat atau suplemen, Anda dapat memperolehnya dari Mandira, salah satu distributor obat terpercaya di Indonesia. 

Mengenal Diet Seimbang

Diet yang seimbang merupakan prinsip diet di mana perhatian utamanya adalah memastikan asupan nutrisi yang didapatkan tubuh jumlahnya tepat. Keseimbangan yang dimaksud meliputi memperhatikan kalori masuk dengan kalori keluar yang digunakan tubuh.

Pola makan seimbang pada diet ini mencakup mengurangi konsumsi garam, gula, hingga lemak trans. Diet dengan pola makan seimbang banyak diminati sebab dapat mencegah macam-macam masalah kesehatan. Misalnya, obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes tipe 2. 

Cara Melakukan Diet Seimbang

Untuk melakukan diet yang seimbang, Anda bisa menerapkan berbagai cara sederhana. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Makanan Bertepung Secukupnya 

Makanan bertepung yang dimaksud di sini adalah roti, pasta, kentang, hingga sereal. Namun, untuk diet yang seimbang Anda dapat memilih makanan bertepung yang memiliki indeks glikemik rendah. 

Contohnya mulai dari gandum utuh, kentang, serta nasi merah. Makanan tersebut jumlah seratnya lebih tinggi, sehingga Anda bisa kenyang seharian. Konsumsi setidaknya sepertiga dari keseluruhan porsi makanan diet Anda.

2. Menambah Sayur dan Buah

Anda bisa mengonsumsi minimal lima porsi sayur dan buah per hari. Buat agar sayur yang masuk ke pring Anda memenuhi sepertiga dari piring. 

Untuk satu gelas jus buah yang tidak menggunakan pemanis pun terhitung satu porsi. Jadi, per setiap makan dari pagi, siang, hingga malam, maka sayur dan buah terhitung tiga porsi. 

3. Menambah Ikan

Ikan menjadi sumber protein serta vitamin dan uga mineral. Anda sebaiknya makan ikan dua porsi per minggu. Ikan yang dikonsumsi idealnya adalah ikan segar atau ikan beku dengan kandungan Omega-3. 

Sebab, kandungan tersebut bisa mencegah risiko sakit jantung. Contoh ikan kaya akan omega-3 mulai dari bandeng, tongkol, salmon, makarel, sarden, hingga tuna. 

4. Mengurangi Lemak Jenuh

Lemak tak jenuh dapat Anda dapatkan dari alpukat serta minyak ikan. Jenis lemak ini tidak berbahaya serta lebih sehat. Tidak seperti lemak jenuh, yang dapat meningkatkan risiko sakit jantung serta kolesterol dalam darah. 

Sumber lemak jenuh dapat Anda temukan pada mentega, keripik kentang, hingga sosis. Anda bisa mengubah minyak goreng dengan air yang sedikit ketika menumis jika ingin mengurangi lemak jenuh. Lalu, pilih daging dengan jenis lean meat yang rendah lemak agar diet lebih optimal dan seimbang.

5. Mengurangi Gula dan Garam

Gula berperan dalam kenaikan berat badan serta kerusakan gigi bila berlebihan. Anda dapat memeriksa label kemasan makanan. Bila 22,5 gram per seratus gram, artinya makanan tersebut tinggi gula. Namun, bila lima gram per seratus gram, artinya makanan tersebut rendah gula.

Sementara itu, garam akan menaikkan tekanan darah. Jadi, kurangi garam dengan membatasi tidak melebihi enam gram garam per harinya.

6. Rutin Minum Air Putih

Alih-alih soda dan minuman manis, ganti dengan air putih setiap hari. Anda wajib mengonsumsi 1,6 hingga 2 liter air putih agar tidak dehidrasi.

Demikian pembahasan mengenai diet seimbang, semoga bisa jadi referensi bila Anda ingin melakukannya. Anda juga dapat mengikuti Cara yang Baik dan 5 Vitamin yang Bagus untuk Diet

Jika Anda membutuhkan berbagai obat tertentu atau suplemen, bisa didapatkan dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini dan membaca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini.