Obat 3D adalah contoh teknologi farmasi yang patut Anda ketahui. Selain itu, masih banyak berbagai teknologi farmasi yang mengubah bagaimana industri ini memproduksi hingga mendistribusikan obat di era digital kini.

Untuk mengetahui apa saja teknologi tersebut, simak artikel ini hingga akhir! Kami akan mengulas berbagai teknologi terbaru dalam industri farmasi yang menarik untuk Anda ketahui berikut ini. Namun sebelum melanjutkan, Anda dapat mengetahui Cara Mengembangkan Strategi Pemasaran Apotek.

Peran Teknologi di Industri Farmasi

Teknologi berperan penting dalam industri farmasi hingga kini. Pengadopsian teknologi serta platform digital pada penemuan hingga pengembangan obat jadi salah satu buktinya. 

Teknologi mutakhir mulai dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) hingga pencetakan tiga dimensi atau 3D (Three Dimension) telah dimanfaatkan pada industri farmasi. 

Berbagai teknologi tersebut digunakan untuk menemukan, mengembangkan, serta mengirim obat-obatan. Penggunaan teknologi ini menyesuaikan dengan perkembangan permintaan dari pasien serta penyedia layanan kesehatan. 

Industri farmasi akhirnya bisa menemukan metode baru yang memungkinkan analisis data obat lebih akurat dan cepat. Begitu pula metode mengembangkan obat yang berkualitas bagi pasien. Maka dari itu, teknologi krusial dalam memajukan industri farmasi.

Contoh Teknologi Farmasi Terbaru

Setelah memahami bagaimana teknologi berperan dalam industri farmasi, mari simak apa saja contoh teknologi terbaru pada industri farmasi di bawah ini:

1. Pencetakan Obat 3D

Mencetak obat kini bisa dengan bentuk spesifik serta sesuai kebutuhan pasien. Personalisasi obat pun kini semakin terbuka peluangnya melalui teknologi ini. Termasuk pengobatan yang meningkat efektivitasnya. 

Pencetakan 3D membuat konsumsi obat lebih mudah. Selain itu, teknologi ini juga bisa menyesuaikan dosis dengan kondisi pasien.  

2. Telemedicine 

Teknologi satu ini memungkinkan pasien konsultasi medis, membeli obat, serta mengambil resep obat dari dokter secara online. Anda pun tidak harus mendatangi apotek secara fisik. 

Telemedicine juga menjadi teknologi yang efektif apabila terdapat pasien dengan keterbatasan mobilitas ataupun berada di wilayah terpencil. 

Melalui penggunaan telemedicine, Anda lebih hemat waktu serta biaya saat konsultasi ke dokter. Mendapatkan obat yang Anda perlukan pun kini lebih nyaman dan efisien. 

3. AI (Artificial Intelligence)

Contoh teknologi farmasi berikutnya adalah kecerdasan buatan atau AI. Teknologi ini sangat efektif membantu proses analisis data dalam penelitian obat. Analisis dengan AI bisa Anda lakukan lebih cepat melalui sistem massal yang kompleks.

Selain itu, AI pada industri farmasi juga mampu mengidentifikasi tren dan pola obat-obatan. Mengidentifikasi kandidat obat dengan potensi tinggi pun bukan masalah jika ada AI.

Manfaat AI lainnya adalah membantu pengoptimalan proses uji klinis obat. Termasuk mempersingkat identifikasi efek samping obat serta memperkirakan respon pasien ketika mengonsumsi obat tertentu. 

4. IoMT (Internet of Medical Things)

Teknologi seperti sensor bisa digunakan untuk melacak obat pada waktu nyata atau real-time. Baik itu proses produksi sampai dengan pengiriman, sensor memungkinkan semuanya berjalan efisien. 

Memantau dan mengendalikan distribusi obat pun lebih akurat. Anda juga bisa meminimalkan risiko obat kedaluwarsa serta menjamin kepatuhan pada standar kualitas obat maupun regulasi terkait obat.

5. Nanoteknologi 

Pengiriman obat kini bisa dengan partikel nanometer. Artinya, pengiriman obat dapat langsung menuju sel yang memerlukan tanpa berisiko merusak sel sehat yang ada di sekitar. Tidak hanya lebih efektif dan presisi, nanoteknologi akan meminimalkan efek samping obatnya. 

Berbagai contoh teknologi farmasi tersebut memastikan bisnis seperti apotek hingga klinik kesehatan semakin maju di masa depan. Anda pun bisa mengikuti 5 Cara Meningkatkan Omset Apotek yang Dapat Dilakukan.

Selain mengetahui contoh teknologi farmasi, pastikan juga Anda memilih distributor obat yang tepat bagi apotek Anda. Mulai kerja sama dengan distributor obat Mandira Distra Abadi untuk memenuhi kebutuhan pengadaan obat di apotek, klinik atau rumah sakit Anda.

Distributor obat Mandira Distra Abadi telah dipercaya selama 31 tahun untuk memenuhi kebutuhan obat apotek, pedagang besar farmasi, hingga rumah sakit. Mandira Distra Abadi merupakan Pedagang Besar Farmasi (PBF) yang bekerja sama dengan perusahaan produsen obat kenamaan, kunjungi laman prinsipal untuk melihat ragam obat dari prinsipal kami. Kami menerima pengiriman ke seluruh Indonesia.

Hubungi kami untuk informasi selengkapnya terkait obat yang tersedia dan dapatkan penawaran terbaik. Anda juga dapat mempelajari beragam informasi terkini seputar kesehatan dan tips operasional apotek melalui laman blog kami.