Ketahui cara membedakan obat asli atau palsu untuk menghindari aksi nakal penjual obat palsu yang hanya ingin meraup keuntungan.

Obat merupakan produk vital dan bisa berakibat fatal apabila salah dikonsumsi atau tidak sesuai kandungan dari berbagai komposisinya. Sebenarnya, orang tidak akan mempertanyakan lebih lanjut tentang keaslian obat ketika mereknya sudah terkenal dan digunakan banyak orang. Namun, tidak ada salahnya menambah wawasan tentang perbedaan antara cara membedakan obat asli atau palsu untuk kesehatan tubuh.

Jangan sampai kondisi kesehatan semakin memburuk, tidak berefek apapun, atau bahkan terjadinya komplikasi yang parah. Kesalahan dalam membeli atau mengabaikan resep dokter bisa berdampak buruk, tidak hanya sebentar, tetapi akan berkepanjangan nantinya. Pengetahuan tentang obat asli dan palsu penting untuk menghindarkan diri sebagai korban karena obat palsu tidak mendapatkan izin dan tidak memuat bahan aktif, tetapi sudah menyematkan label atau merek lain.

Baca Juga: Waspada! Ini 6 Bahaya Overdosis Vitamin C bagi Tubuh

Ciri-ciri Obat Palsu yang Patut untuk Diwaspadai

FDA atau Food and Drugs Administration dari Amerika Serikat mewaspadai cara membedakan obat asli atau palsu dengan beberapa kondisi berikut ini.

  1. Produk palsu tidak memiliki kandungan bahan aktif.
  2. Komposisi bahan aktif ada, tetapi takaran tidak sesuai, seperti terlalu sedikit atau bahkan berlebihan.
  3. Bahan aktif berbeda atau tidak semestinya.
  4. Kemasan obat palsu.

Mengapa cara membedakan ini harus diketahui jika sudah ada banyak merek obat terkenal yang tersebar luas digunakan masyarakat? Beberapa perusahaan sengaja meluncurkan obat palsu hanya ingin meraup keuntungan. Tindakan tegas dari BPOM sebenarnya seringkali dilakukan dengan memantau pasar dan melakukan razia ke berbagai tempat. Namun, dengan mengetahui ciri-ciri obat palsu, Anda bisa melindungi diri sendiri atau orang lain secara lebih cepat. Asal mengonsumsi obat dan tidak mengedukasi diri sendiri dapat merugikan berbagai aspek. Salah satunya penyakit yang tidak kunjung sembuh, sedangkan Anda sudah menghabiskan banyak biaya.

Begini Trik Cara Membedakan Obat Asli atau Palsu

Untuk menghindari kerugian semakin membesar, kami merangkum berbagai cara dalam membedakan obat asli atau palsu yang membantu khalayak umum.

1. Beli dari Apotek

Kunjungi apotek untuk membeli berbagai kebutuhan pengobatan. Upayakan tidak mengunjungi toko obat untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Tentu tidak semua toko obat asal menjual kebutuhan pengobatan. Namun, demi antisipasi maka sebaiknya membeli dari apotek terpercaya.

2. Periksa Kemasan

Perhatikan kemasan, di mana sebenarnya selalu ada peringatan jika kemasan obat rusak, jangan diterima. Peringatan ini seringkali diabaikan, padahal menjadi salah satu cara membedakan obat asli atau palsu yang paling mudah dan akurasinya mendekati 100%.

3. Periksa Tanggal Kedaluwarsa 

Hal yang juga sering luput, yaitu tidak memeriksa tanggal kedaluwarsa dan izin edar obat. Padahal, dua hal ini penting sekali untuk memastikan obat yang masuk ke dalam tubuh sudah aman. Tanggal kadaluarsa atau izin edar biasanya tercantum di bagian belakang atau di bawah kemasan.

4. Wujud Obat yang Mudah Rapuh (Tablet atau Kapsul)

Untuk obat berbentuk tablet atau kapsul, Anda bisa mencoba agak sedikit menekan obat. Tetapi pastikan Anda membelinya terlebih dahulu untuk menghindari kerugian apotek. Untuk jenis obat palsu biasanya mudah sekali hancur. Karena kandungan di dalamnya tidak terbuat dari bahan asli, apalagi berkualitas tinggi. 

Kini, setelah mengetahui perbedaan antara obat asli dan palsu, Anda bisa menerapkannya langsung di kehidupan sehari-hari. Terutama, jika membeli dari pihak luar rumah sakit atau apotek terpercaya, penting sekali menerapkan berbagai cara di atas untuk menghindari kerugian materi dan fisik.

Baca Juga: Ini Fakta dari Mandira, Distributor Farmasi Terpercaya

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini.

Sumber:
Hello Sehat. (2021, January 7). Bagaimana cara mengenali obat palsu?. https://hellosehat.com/obat-suplemen/mendeteksi-ciri-obat-palsu/