Kanker prostat merupakan salah satu kondisi kanker yang cukup banyak diderita, dan masih banyak masyarakat yang belum memahami apa penyebab kanker prostat dan gejala yang perlu diwaspadai.

Lakukan pencegahan sejak dini dengan mengenali penyebab dan gejala dari kanker prostat, serta Waspadai Minuman dan Makanan Penyebab Kanker lainnya. Simak artikel ini hingga tuntas, supaya Anda mengetahui bagaimana seseorang dapat terkena kanker prostat. 

Apa itu Kanker Prostat?

Kanker prostat merupakan kondisi pertumbuhan sel yang tidak normal pada kelenjar prostat dan membuat salah satu organ reproduksi pada pria tidak dapat berfungsi secara normal. 

Umumnya, kanker prostat rawan menyerang pria yang sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada pria yang masih muda.

Apa Penyebab Kanker Prostat?

Ada berbagai penyebab dan faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan seorang pria mengalami penyakit kanker prostat, antara lain sebagai berikut:

1. Faktor Usia

Penyebab pertama yang cukup umum terjadi yaitu karena faktor usia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kanker prostat umumnya memang diderita oleh pria lanjut usia. Biasanya, penderitanya yaitu orang berusia 50 tahun atau lebih, sehingga demografis dalam rentang usia tersebut perlu diwaspadai risiko tersebut.

2. Faktor Genetika

Kedua, ada faktor genetika atau riwayat dari keluarga. Jika ada anggota keluarga yang menderita kanker prostat, maka hal ini dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker prostat.

3. Sindrom Lynch

Jika bicara tentang apa penyebab kanker prostat, maka salah satunya yaitu mutasi genetik penderitanya.

Sindrom Lynch merupakan mutasi genetik yang dapat diperoleh ketika seseorang lahir, dan kondisi ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai jenis kanker, salah satunya yaitu kanker prostat.

4. Faktor Makanan

Selain tiga faktor yang tidak bisa dicegah seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada juga berbagai faktor yang sebenarnya bisa untuk meminimalisir risikonya.

Penyebab kanker prostat juga dapat berasal dari faktor makanan. Jika terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan tingkat lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh, maka risiko kanker prostat pun dapat meningkat.

5. Obesitas

Masih berkaitan dengan pola hidup sehat dan berat badan, orang yang mengalami obesitas juga memiliki kecenderungan untuk lebih rawan terkena berbagai jenis kanker, salah satunya yaitu kanker prostat.

Gejala Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang sulit dideteksi sejak dini, hal tersebut dikarenakan kanker prostat tidak menunjukan gejala awal yang jelas. Setelah mengetahui apa penyebab kanker prostat, sangat dianjurkan untuk memahami gejala yang umum dirasakan oleh penderitanya sebagai berikut:

1. Muncul Masalah saat Buang Air Kecil

Gejala pertama yang muncul yaitu masalah buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh posisi prostat berada di bawah posisi kandung kemih, sehingga mempengaruhi pada proses buang air kecil penderitanya.

Biasanya, gejalanya berupa buang air kecil lebih sering, terjadi pendarahan saat buang air kecil, dan aliran urin yang terasa lebih lambat dibanding biasanya.

2. Mengalami Nyeri dan Mati Rasa

Gejala kedua yaitu penderita biasanya mengalami nyeri dan mati rasa di beberapa bagian tubuh, misalnya pada kaki dan tungkai. Selanjutnya, penderita juga bisa kehilangan kendali atas usus dan kandung kemihnya, sehingga menyebabkan terjadinya tekanan untuk bagian sumsum tulang belakang.

3. Mengalami Masalah Seksual

Ketiga, penderita kanker prostat biasanya mengalami masalah seksual, yaitu kesulitan atau tidak dapat untuk mempertahankan ereksi. Jika setelah ejakulasi muncul darah dalam air mani, hal ini juga perlu diwaspadai karena bisa menjadi gejala munculnya pertumbuhan kanker prostat.

Demikian berbagai penjelasan penyebab kanker prostat, dan gejala yang perlu diwaspadai. Pada dasarnya, setiap jenis kanker merupakan penyakit yang berbahaya dan perlu diwaspadai. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat sehingga berbagai risiko penyakit bisa diminimalisir dengan mengonsumsi Jenis Suplemen Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh agar Kuat dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini dan membaca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini.