Jika Anda mulai mempelajari berbagai istilah dalam dunia farmasi, terlebih apoteker, maka mungkin akan bertanya tentang apa itu UKAI. Untuk menjawab rasa penasaran tentang dunia apoteker, Anda bisa menyimak artikel ini lebih lanjut.

Ketahui juga Apa itu STRA Apoteker? Bagaimana Cara Pengajuannya? Serta uji kompetensi di berbagai negara dan tahapan untuk menjadi seorang apoteker yang profesional. 

Kemudian jika membutuhkan obat atau suplemen, Anda dapat memperolehnya dari Mandira, salah satu distributor obat terpercaya di Indonesia.

Apa itu UKAI?

UKAI merupakan singkatan dari Uji Kompetensi Apoteker Indonesia. Ini adalah tahap atau proses untuk mengukur capaian dari setiap mahasiswa program studi profesi apoteker. Seluruh perguruan tinggi yang membuka program studi tersebut wajib untuk mengadakan uji kompetensi ini.

Tujuannya yakni supaya tercapainya standar kelulusan dengan memperhatikan standar kompetensi kerja. Selain itu, ini merupakan langkah untuk mendapatkan sertifikat kompetensi apoteker menurut aturan di Indonesia.

Bagaimana Uji Kompetensi Seorang Apoteker di Berbagai Negara?

Setelah mengetahui apa itu UKAI, maka ini saatnya menyimak tentang uji kompetensi untuk apoteker yang dilakukan oleh berbagai negara.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat mempunyai uji kompetensi yang bernama North American Pharmacist Licensure Examination. Ini merupakan uji yang perlu dijalani oleh lulusan baru untuk profesi kefarmasian. Ujian ini meliputi pengetahuan kefarmasian umum dengan 225 jumlah soal.

2. Arab Saudi

Di Arab Saudi, terdapat Saudi Pharmacist Licensure Examination yang berisi 300 soal pilihan ganda. Durasi waktu mengerjakan uji kompetensi ini yakni 6 jam.

3. Australia

Australia memiliki Intern Written Exam yang dilakukan oleh lulusan profesi farmasi yang telah menyelesaikan program pelatihan dengan orientasi praktik. Uji kompetensi ini berdurasi 2 jam dan peserta akan diberikan 75 soal pilihan ganda.

4. Indonesia

Selanjutnya, untuk Indonesia, maka akan melalui tahap UKAI sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Tahapan Pendidikan Seorang Apoteker

Tidak mudah untuk menjadi seorang apoteker, karena ada berbagai tahap pendidikan, ujian, dan sertifikasi yang perlu dilakukan, berikut penjelasannya.

1. Praktik Kerja Profesi Apoteker atau PKPA

Setelah lulus dengan gelar sarjana farmasi, calon apoteker perlu menjalani pendidikan profesi yang dilakukan sekitar satu tahun.

Sebagian perguruan tinggi tidak menyediakan program profesi ini, sehingga lulusannya perlu mengambil profesi di kampus lain.

Dalam PKPA, calon apoteker akan diberikan berbagai materi kelas untuk mendukung pengetahuan dan kecakapan khusus. Lalu, ada pula praktik kerja di berbagai tempat untuk mengasah kemampuan mereka.

2. Lulus UKAI

Setelah lulus dari pendidikan profesi, selanjutnya mereka perlu lulus UKAI atau uji kompetensi yang menjadi topik utama di sini.

Terdapat dua jenis metode UKAI. Pertama, dengan CBT atau computer-based test. UKAI-CBT ini berdurasi 200 menit, dengan 200 soal pilihan ganda yang perlu dikerjakan.

Kedua, ada UKAI-OSCE atau Objective Structured Clinical Examination. Ini merupakan ujian praktik yang dilakukan dalam 9 ruangan dengan ujian tersendiri untuk setiap ruangannya.

3. Sertifikasi Kompetensi Profesi Apoteker atau SKPA

UKAI memang baru ditetapkan tahun 2018. Untuk calon apoteker yang belum mengikuti UKAI, maka bisa juga mengikuti SKPA yang merupakan sertifikasi dengan masa berlaku 5 tahun.

4. Sumpah Profesi dan Registrasi STRA

Terakhir, calon apoteker perlu menjalani sumpah profesi. Setelah disumpah, mereka masih perlu mengurus STRA atau Surat Tanda Registrasi Apoteker. Saat ini, STRA dapat diurus secara online, sehingga lebih mudah dan praktis.

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda dapat lebih mengetahui berbagai hal terkait uji kompetensi apoteker.

Kini, Anda telah memahami apa itu UKAI dan berbagai tahapan menjadi apoteker. Hal tersebut memang penting supaya dapat menghasilkan para apoteker profesional. Jika Anda merupakan apoteker atau pemilik apotek, profesionalitas tentunya perlu menjadi prioritas. Bahkan jika Anda berniat untuk membuka bisnis apotek, dan membutuhkan informasi lebih lanjut Anda dapat mengetahui Tips Memilih Franchise Apotek yang Tepat dan Menguntungkan

Jika Anda sedang mencari distributor obat-obatan terpercaya, bisa didapatkan dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. 

Distributor obat Mandira Distra Abadi telah dipercaya selama 31 tahun untuk memenuhi kebutuhan obat apotek, pedagang besar farmasi, hingga rumah sakit. Mandira Distra Abadi bekerja sama dengan perusahaan produsen obat kenamaan, kunjungi laman prinsipal untuk melihat ragam obat dari prinsipal kami. Kami menerima pengiriman ke seluruh Indonesia.

Hubungi kami untuk informasi selengkapnya terkait obat yang tersedia dan dapatkan penawaran terbaik. Anda juga dapat mempelajari beragam informasi terkini seputar kesehatan dan tips operasional apotek melalui laman blog kami.