Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi, mulai dari mendukung kesehatan tulang hingga memperkuat sistem imun. Meski seringkali dihubungkan dengan Sinar Matahari, terdapat juga beberapa jenis buah yang kaya akan vitamin D.

Untuk menjaga kesehatan keluarga Anda, penting untuk memasukkan buah-buah ini ke dalam menu makanan sehari-hari dan mengkonsumsinya secara rutin. 

5 Buah Kaya Vitamin D untuk Asupan Keluarga

Kesehatan keluarga tentu merupakan prioritas banyak orang. Hal ini dapat dilakukan dengan menanamkan kebiasaan sehat seperti rutin berolahraga, minum air putih, hingga mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Berikut adalah daftar 5 buah yang penting untuk diketahui karena mengandung vitamin D.

1. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang paling populer dan mudah diakses. Selain dikenal sebagai sumber yang kaya vitamin C, jeruk juga menyimpan kandungan vitamin D yang cukup baik.

Jus jeruk juga tidak hanya mengandung vitamin D yang tinggi, tetapi juga mengandung nutrisi lain seperti kalsium. Vitamin D ini berperan penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi.

2. Kiwi

Buah berwarna hijau dengan biji kecil ini adalah sumber vitamin D yang baik. Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin C dan serat, sehingga buah ini pilihan yang sehat dan seimbang untuk konsumsi keluarga Anda.

Kiwi juga dikenal dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rutin konsumsi kiwi dalam pola makan Anda akan membantu menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

3. Jambu Biji

Jambu biji atau juga dikenal sebagai guava termasuk dalam daftar buah kaya vitamin D. Selain itu, jambu biji juga mengandung banyak vitamin C dan serat.

Vitamin D dalam jambu biji sangat penting karena berperan dalam proses penyerapan kalsium yang esensial bagi kesehatan tulang dan gigi. Makanya, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

4. Apel

Meskipun apel lebih dikenal karena kandungan serat dan antioksidannya yang baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan, vitamin D di dalam apel tidak kalah pentingnya.

Apel juga mengandung mineral seperti magnesium dan bisa menjadi camilan sehat yang bisa Anda makan kapan saja, di mana saja. Rasa manis dan tekstur yang gurih juga menjadikan buah ini camilan yang seringkali digemari oleh anak-anak.

5. Leci

Buah kecil ini ternyata adalah sumber vitamin D yang baik. Leci juga memiliki banyak nutrisi lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin C, vitamin B6, dan kalium.

Vitamin D dalam leci membantu dalam penyerapan kalsium dan fosfor, sedangkan vitamin B6 berperan penting dalam produksi sel darah merah.

Mengkonsumsi leci secara rutin tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh.

6. Melon

Melon adalah buah yang manis dan menyegarkan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan kalium. Melon juga mengandung vitamin D, meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit. Satu cangkir melon (200 gram) mengandung sekitar 1,2 mikrogram vitamin D, atau sekitar 2% dari kebutuhan harian orang dewasa.

7. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan kalium, vitamin B6, dan serat. Pisang juga mengandung vitamin D, meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit. Satu buah pisang ukuran sedang (120 gram) mengandung sekitar 1 mikrogram vitamin D, atau sekitar 2% dari kebutuhan harian orang dewasa.

8. Nanas

Nanas adalah buah yang manis dan asam yang kaya akan vitamin C, bromelain, dan serat. Nanas juga mengandung vitamin D, meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit. Satu cangkir nanas (200 gram) mengandung sekitar 0,8 mikrogram vitamin D, atau sekitar 1% dari kebutuhan harian orang dewasa.

9. Delima

Delima adalah buah yang kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Delima juga mengandung vitamin D, meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit. Satu cangkir delima (200 gram) mengandung sekitar 0,3 mikrogram vitamin D, atau sekitar 1% dari kebutuhan harian orang dewasa.

10. Alpukat

Alpukat adalah sumber vitamin D yang baik, dengan 1 buah (200 gram) mengandung 2% DV. Alpukat juga merupakan sumber lemak sehat, serat, dan vitamin C yang baik.

Dengan memasukkan buah-buah ini ke dalam menu sehari-hari, Anda dan keluarga Anda dapat memperoleh manfaat kesehatan yang berlimpah. Selain mengkonsumsi buah-buahan di atas, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin D melalui suplemen dan vitamin dari Mandira, distributor obat-obatan resmi dan original. Jangan lupa juga untuk memahami 6 Anjuran Minum Vitamin yang Harus Anda Ketahui

Daftar rincinya dapat ditemukan di halaman prinsipal kami. Anda juga bisa memperoleh informasi lanjutan dengan menghubungi kami di sini.

Baca lebih banyak tentang tips kesehatan dan obat-obatan di sini. Daftar obat yang kami distribusikan berdasarkan perusahaan produksi obat mitra kami dapat Anda temukan di halaman prinsipal kami. Jika Anda adalah pabrik obat maupun retail obat yang membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang Mandira sebagai distributor farmasi, dapat menghubungi kami di sini